Jenis Mentega, Fungsi dan Manfaatnya

Jenis Mentega, Fungsi dan Manfaatnya
Jenis Mentega, Fungsi dan Manfaatnya

Mengenal Jenis Mentega, Fungsi dan Manfaatnya

Mentega adalah produk makanan dari susu berbentuk padat lunak yang dibuat dari lemak, dengan mengaduk krim yang diperoleh dari susu, dengan atau tanpa campuran bahan lain seperti garam dan lainnya. Dalam bahasa Inggris mentega disebut dengan butter, kata mentega berasal dari kata manteiga dalam bahasa Portugis. Saat ini terdapat beberapa jenis mentega yang dibedakan berdasarkan susu yang digunakan, proses pembuatan dan rasanya.

Walaupun sekilas terlihat mirip, perbedaan jenis mentega harus di ketahui karena memiliki karakter dan fungsi yang berbeda dalam mengolah berbagai resep roti dan kue atau makanan, mulai dari appetizer, main course, hingga dessert.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Tips Memilih dan Membedakan Jenis Tepung Terigu

Jenis-jenis Mentega

Ada beberapa jenis butter yang beredar di pasaran dan umum digunakan sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

1. Salted Butter

Salted Butter

Mentega jenis ini menjadi salah satu jenis yang paling banyak di gunakan dan di jual di mana-mana. Salted butter memiliki kandungan garam sehingga terasa lebih asin. Butter jenis ini biasa di gunakan untuk membuat roti, kue, olesan martabak, roti dan untuk menumis dan menggoreng.

2. Unsalted Butter

Unsalted butter adalah mentega tawar yang proses pembuatannya tanpa campuran garam, dan memiliki cita rasa sedikit dingin dan creamy. Mentega tawar biasanya di gunakan untuk beragam makanan sehat, olesan pada roti tawar atau untuk orang-orang yang tidak terlalu suka rasa asin.

3. Whipped Butter

Mentega jenis ini memiliki tekstur yang lebih ringan dan lembut serta memiliki kandungan kalori lebih rendah dari butter lainnya. Whipped butter di gunakan untuk sajian mentega di meja makan untuk olesan seperti roti dan pancake.

Butter jenis ini tidak dibuat untuk bahan dasar resep roti atau memasak.

4. Organic Butter

Jenis mentega sehat yang sesuai dengan namanya yaitu organik yang berarti butter jenis ini terbuat dari susu sapi yang bebas obat-obatan dan mengkonsumsi rumput bebas pestisida. Organic butter juga memiliki dua jenis rasa yaitu salted dan unsalted.

5. Irish Butter

Hampir mirip dengan organic butter, mentega jenis ini menjadi salah satu mentega pilihan yang terbaik karena berasal dari susu sapi berkualitas. Kandungan lemak yang tinggi serta memiliki tekstur yang lembut adalah perbedaan irish butter dengan mentega jenis lainnya.

6. European Butter / Cultured Butter

Butter jenis ini lebih di kenal dengan sebutan roombutter di Indonesia. Proses fermentasi mentega ini di lakukan dengan cara menambahkan bakteri hidup ke dalammnya serta memerlukan waktu yang lama sehingga menghasilkan 82-85% lemak susu.

Mentega ini memiliki tekstur lebih halus dan warna yang lebih pudar, sedangkan kegunaanya banyak digunakan untuk resep pastry seperti croissant.

Cultured butter ini dapat di simpan lebih lama daripada mentega biasanya. Ada dua jenis cultured butter, yaitu salted dan unsalted yang dapat di gunakan sesuai kebutuhan dan selera.

7. Clarified Butter / Ghee

Clarified Butter - Ghee

Clarified butter adalah mentega yang memiliki rasa khas dan mempunyai titik asap lebih tinggi dari pada jenis butter lainnya, sehingga sangat cocok untuk memasak pada temperatur tinggi (hingga 250 derajat celcius) seperti roasting.

Mentega jenis ini cocok untuk memasak metode dip cooked untuk menggoreng udang, kepiting atau topping popcorn.

Tetapi mentega jenis ini cukup langka atau jarang di temukan, biasanya di jual dalam bentuk hampir cair dan harus tersimpan dalam kulkas agar dapat bertahan lama.

Baca Juga: Resep Roti Sisir Mentega Premium

Baca Juga: Resep Kue Bolu Mentega Super Lembut

Manfaat Mengkonsumsi Mentega

Butter atau mentega memiliki kandungan vitamin A, D, E, dan K. Mentega juga bisa menambah rasa gurih, aroma yang tajam, serta memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Mentega memiliki lebih banyak lemak jenuh dari pada lemak tak jenuhnya, dengan perbandingan 66:34 persen. Maka dari itu sebaiknya mengkonsumsi mentega sesuai dengan takaran resep dan tidak berlebihan.

Beberapa khasiat mentega:

  • Membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, menjaga kesehatan mata serta mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker dan osteoporosis.
  • Sebagai sumber energi karena mentega memiliki kandungan 725 kilo kalori di setiap 100 gramnya.
  • Dapat membantu membakar lemak dalam tubuh karena kandungan kolesterol baik yang ada di dalam mentega yang membuat perut kenyang lebih lama.