Resep Banitsa Kue Keju Tradisional Bulgaria

Resep Banitsa Roti Keju Tradisioanal Bulgaria
Resep Banitsa Roti Keju Tradisioanal Bulgaria

Daftar Isi

Resep Banitsa

Banitsa atau bisa juga disebut banitza adalah pastry tradisional yang unik berbentuk spiral yang menjadi simbol masakan khas dari Bulgaria. Kue ini biasa di sajikan dalam acara-acara tertentu seperti hari libur natal, malam tahun baru atau sebagai bingkisan, karena kue ini merupakan kue keberuntungan bagi masyarakat Bulgaria. Adonan dasar resep banitsa terdiri dari filo pastry dengan tambahan telur, yogurt alami dan potongan keju putih.

Banitsa juga bisa untuk menu sarapan pagi bersama dengan yogurt polos, ayran, atau boza, kue ini bisa di nikmati saat hangat maupun sudah dingin. Selain keju, beberapa varian isi dari banitsa adalah dengan bayam, susu, dan labu. Tekstur yang renyah dengan isian keju putih dapat Anda coba di rumah cukup dengan bahan yang sederhana.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Opera Cake Premium nan Lembut

Bahan Kue Banitsa

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Mentega tawar 50 gram (suhu ruang)
  • Minyak sayur 90 ml
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 300 ml

Bahan Isian:

  • Keju putih / feta cheese 200 gram
  • Telur 4 butir

Cara Membuat Banitsa

  1. Campurkan tepung terigu dan garam, aduk rata kemudian masukkan air sedikit demi sedikit lalu uleni hingga kalis dan elastis.
  2. Bagi adonan menjadi tiga bagian, diamkan selama 30 menit.
  3. Ambil satu bagian adonan kemudian olesi dengan minyak lalu gilas adonan hingga tipis seperti membuat adonan kulit martabak telur.
  4. Kocok lepas telur, tambahkan keju lalu aduk rata, bagi menjadi tiga bagian.
  5. Tuangkan adonan telur dan keju di atas adonan yang sudah digilas melebar, lalu gulung dan buat menjadi berbentuk spiral.
  6. Letakkan di dalam loyang bulat berdiameter 24 centimeter yang sudah dilapisi dengan sedikit minyak. Lanjutkan menyambung adonan hingga menutupi seluruh dasar loyang.
  7. Olesi permukaan adonan dengan mentega tawar, kemudian panggang dalam oven bersuhu 190 °C selama 35 menit hingga matang.

Tips Membuat Banitsa

Sesuaikan suhu oven masing-masing saat memanggang banitsa. Anda juga bisa memberikan isian di antara lembaran adonan menggunakan mentaga cair atau minyak bunga matahari agar nuansa khas Banitsa Bulgaria hadir di dalam rumah Anda.

Selamat Mencoba !!!

resep pandan chiffon cake,cara membuat kue muffin,dessert khas korea,komposisi roti tawar,pie apple,suhu oven listrik untuk kue bolu,menu masakan untuk arisan keluarga,fungsi cream of tartar,menu makanan untuk sehari hari,sea food,aneka kue bolu panggang,aneka resep olahan roti tawar,resep pisang keju crispy,masakan taiwan,cara membuat kwetiau,kue putu bambu,kue sisir,olahan oatmeal untuk diet,membuat bakpao,sapi lada hitam,kue jahe,cara membuat terang bulan teflon,resep potato cheese,resep makanan khas ambon,resep bread talk,kue khas manado,bahan kue sus,resep kue bika ambon medan,resep onde onde gula merah,krengsengan kambing,bakpia kacang ijo,menu makanan untuk arisan,bahan untuk mengembangkan kue,cara bikin kue dorayaki,apa itu heavy cream,mooncake,menu makanan untuk arisan keluarga,makanan cireng,resep bika ambon,resep lidah kucing renyah,menu arisan keluarga sederhana,menu arisan murah meriah,bahan kue bika ambon,cara membuat muffin,resep pastry and bakery,cara membuat kue cupcake,membuat ayam goreng,menu arisan praktis,cara menggunakan oven listrik kirin,cara bikin bolu karamel