Resep Biscotti / Cantuccini

Resep Biscotti Cantuccini Italian
Resep Biscotti Cantuccini Italian

Resep Biscotti Almond Kue Kering Italia

Biscotti adalah salah satu kue kering berbentuk lonjong bertekstur keras dan kering. Sepintas kue ini mirp dengan bolu kering, mungkin karena bahan dasar yang sama dengan bolu kering. Saat ini biscotti juga dikenal dengan nama Cantuccini di Italia dan Argentina. Resep Biscotti termasuk unik, karena kue ini mengalami proses pemanggangan dua kali, yang membuat terksturnya lebih garing dan renyah.

Pada awalnya biscotti hanya menggunakan kacang almond, namun seiring berkembangnya jaman kacang-kacang lain mulai digunakan, seperti hazelnut, pistahio, walnut, dan lain-lain. Penambahan buah-buahan kering atau potongan coklat bisa Anda masukkan ke dalam adonannya untuk membuat varian baru.

Bacaan Lainnya

Bahan-bahan Biscotti

  • Tepung terigu protein sedang 250 gram
  • Susu bubuk 25 gram
  • Baking powder 2 sendok teh
  • Mentega tawar 125 gram
  • Esens almond 12 sendok teh
  • Almond bubuk 100 gram
  • Gula tepung 200 gram
  • Telur 2 butir
  • Kuning telur 3 butir
  • Dark chocolate 100 gram (lelehkan)

Baca Juga: Resep Ciabatta Italian Bread

Cara Membuat Kue Kering Biscotti

  1. Kocok mentega tawar dan gula tepung selama 2 menit sampai benar-benar lembut, lalu masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok sampai rata.
  2. Masukkan almond bubuk dan esens almond, aduk rata lalu tambahkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata.
  3. Masukkan dark chocolate leleh di beberapa tempat dalam adonan, aduk pelan.
  4. Bagi adonan menjadi dua, gumpalkan dan bentuk menjadi lonjong memanjang.
  5. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin.
  6. Letakkan adonan di atas loyang, oven pada suhu 180 °C selama 30 menit.
  7. Angkat dan dinginkan, kemudian iris miring kue biscotti, letakkan lagi di atas loyang tanpa dioles margarin.
  8. Oven kembali pada suhu 150 °C selama kurang lebih 20 menit atau sampai kering.
  9. Kue Biscotti siap dinikmati dengan cara mencelupkannya ke dalam kopi.

Tips Membuat Biscotti

Proses oven dua kali menyebabkan kue ini akan garing dan renyah, maka potong biscotti tipis-tipis supaya tidak terlalu keras saat disantap, potong biscotti saat sudah benar-benar dingin agar tidak retak dan patah saat dipotong.

Selamat Mencoba !!!

resep pandan chiffon cake,cara membuat kue muffin,dessert khas korea,komposisi roti tawar,pie apple,suhu oven listrik untuk kue bolu,menu masakan untuk arisan keluarga,fungsi cream of tartar,menu makanan untuk sehari hari,sea food,aneka kue bolu panggang,aneka resep olahan roti tawar,resep pisang keju crispy,masakan taiwan,cara membuat kwetiau,kue putu bambu,kue sisir,olahan oatmeal untuk diet,membuat bakpao,sapi lada hitam,kue jahe,cara membuat terang bulan teflon,resep potato cheese,resep makanan khas ambon,resep bread talk,kue khas manado,bahan kue sus,resep kue bika ambon medan,resep onde onde gula merah,krengsengan kambing,bakpia kacang ijo,menu makanan untuk arisan,bahan untuk mengembangkan kue,cara bikin kue dorayaki,apa itu heavy cream,mooncake,menu makanan untuk arisan keluarga,makanan cireng,resep bika ambon,resep lidah kucing renyah,menu arisan keluarga sederhana,menu arisan murah meriah,bahan kue bika ambon,cara membuat muffin,resep pastry and bakery,cara membuat kue cupcake,membuat ayam goreng,menu arisan praktis,cara menggunakan oven listrik kirin,cara bikin bolu karamel