Resep Bougatsa Pastry Renyah dari Yunani

Resep Bougatsa Pastry Renyah dari Yunani
Resep Bougatsa Pastry Renyah dari Yunani

Resep Bougatsa Pastry

Bougatsa adalah salah satu pastry lokal yang populer di Tesalonika, Yunani. Kue ini mempunyai tekstur luar yang renyah dengan isian keju, custard, semolina atau potongan daging. Adonan resep bougatsa terbuat dari adonan phyllo yang tipis dan dibuat dengan ukuran besar yang kemudian di potong-potong menjadi bagian kecil saat akan di sajikan.

Bougatsa cocok sebagai makanan penutup atau menu sarapan pagi, karena tekstur yang lembut dan rasa yang manis dan warna cokelat keemasan bertabur gula halus dan bubuk kayu manis yang menggugah selera. Untuk kulitnya bisa menggunakan phyllo siap pakai agar lebih praktis dan mudah, yuk kita coba membuatnya.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Apple Strudel Pastry Kekinian

Bahan Kue Bougatsa

  • Adonan phyllo 12 lembar
  • Susu cair 900 ml
  • Semolina 175 gram
  • Ekstrak vanila 14 sendok teh
  • Gula pasir 270 gram
  • Mentega 600 gram (lelehkan)
  • Telur 4 butir
  • Kulit lemon 1 buah (iris tipis-tipis)
  • Gula halus secukupnya (untuk taburan)
  • Bubuk kayu manis secukupnya (untuk taburan)

Cara Membuat Bougatsa

  1. Panaskan susu cair dan kulit lemon ke dalam panci menggunakan api sedang, aduk rata menggunakan sendok kayu kemudian masukkan semolina. Aduk hingga semua bahan tercampur dan kental.
  2. Siapkan wadah lain, kocok telur, gula, dan ekstrak vanila hingga ringan kemudian masukkan ke dalam panci campuran susu, aduk menggunakan api sedang cenderung rendah hingga konsistensi menjadi custard cream.
  3. Angkat dan buang kulit lemon, dinginkan pada suhu ruang (aduk sesekali agar tidak mengeras).
  4. Panaskan oven pada suhu 180 °C, dan siapkan loyang ukuran 13 x 9 x 2 centimeter, olesi loyang menggunakan mentega.
  5. Taruh 8 adonan phyllo di atas loyang sambil di tarik-tarik agar sedikit melebar, olesi setiap sisi bagian phyllo dengan mentega cair secara merata.
  6. Masukkan isian di atas adonan phyllo kemudian lipat keempat sisi (seperti melipat martabak) lalu tutup dengan sisa phyllo dan olesi masing-masing sisi dengan mentega.
  7. Gunting sisa adonan phyllo yang melebihi ukuran loyang. Semprotkan air pada bagian atasnya, lalu panggang dalam oven dengan suhu 180 selama 30-40 menit hingga berwarna cokelat keemasan.
  8. Keluarkan dari oven, taburi dengan gula halus dan bubuk kayu manis, sajikan Bougatsa selagi hangat.

Tips Membuat Bougatsa Pastry

Pastikan untuk mengolesi mentega cair ke setiap sisi adonan kulit phyllo.

Perhatikan dan cek selalu tingkat kematangan bougatsa, sesuaikan suhu oven masing-masing. Di daerah asalnya, mereka memotong bougatsa menggunakan pemotong pizza agar mudah dan praktis.

Catatan: Jangan dipanaskan kembali.

Selamat Mencoba !!!