Resep Breadsticks Grissini Renyah Khas Italia

Resep Roti Breadsticks Grissini
Resep Roti Breadsticks Grissini

Daftar Isi

Resep Breadsticks Roti Grissini

Breadsticks termasuk roti panggang kering yang berasal dari negara Italia. Bentuk roti ini menyerupai pensil atau batang/tongkat. Resep breadstick atau roti grissini pada awal dibuat sekitar abad 17 dimaksudkan agar lebih mudah dicerna. Sesuai dengan bentuknya, nama lain roti ini adalah grissino atau tongkat celup.

Beberapa restoran Italia-Amerika, breadsticks pada umumnya di hidangkan sebagai makanan pembuka. Ukuran dari roti grissini juga berbeda beda di setiap wilayah. Untuk menyajikan breadsticks biasanya di tambahkan semacam saus, seperti keju, mentega, kayu manis, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Roti Boy Legendaris Mocha Bun

Bahan Breadsticks Roti Grissini

  • Tepung terigu protein tinggi 250 gram
  • Ragi instan 7 gram
  • Gula pasir 12 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Minyak zaitun 60 ml
  • Air 150 ml

Bahan Olesan:

  • Air secukupnya

Taburan: 

  • Wijen hitam secukupnya

Cara Membuat Breadsticks Khas Italia

  1. Campurkan air, ragi instan, dan minyak zaitun ke dalan wadah. Aduk rata.
  2. Campurkan di wadah lain tepung terigu, garam dan gula pasir, aduk kembali hingga rata.
  3. Tuang campuran air (langkah nomor 1) sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung terigu sambil di uleni sampai elastis. Diamkan sekitar 1 jam.
  4. Kempiskan adonan, timbang masing-masing menjadi 10 gram. Bulatkan dan pulung di atas meja datar hingga diameter adonan 12 centimeter.
  5. Siapkan loyang yang sudah di taburi tepung terigu tipis-tipis, Letakkan dan tata adonan di atas loyang. Diamkan sampai mengembang sekitar 20 menit.
  6. Olesi air dan taburkan wijen hitam di atasnya.
  7. Panggang dengan suhu 190 °C menggunakan api bawah selama 10 menit atau setengah matang. Turunkan suhunya menjadi 140 °C. Panggang kembali selama 20 menit hingga matang dan kering.
  8. Angkat dan sajikan.

Tips: Beri taburan tepung terigu di atas meja saat menggulung adonan agar tidak lengket.

Banyak hal yang bisa mempengaruhi kualitas rasa breadsticks ini, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan kualitas bahan, sampai dengan cara mengolah dan menghidangkannya.

Selamat Mencoba !!!