Resep Caramel Cake – Kue Bolu Sarang Semut

Resep Caramel Cake - Kue Bolu Sarang Semut
Resep Caramel Cake - Kue Bolu Sarang Semut

Resep Kue Bolu Sarang Semut (Caramel Cake)

Kue Bolu Sarang Semut atau caramel cake adalah salah satu kue khas Indonesia yang mempunyai bentuk seperti sarang semut karena berongga-rongga. Campuran karamel membuat kue bolu ini berwarna cokelat, kue jadul ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dan sering menjadi sajian hantaran atau untuk acara syukuran. Resep kue bolu sarang semut ini dibuat dengan bahan sederhana dan proses memasak mudah yang bisa Anda coba membuatnya sendiri di rumah.

Warna cokelat pada kue ini berasal dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel, proses ini sangat penting karena jika karamel terlalu gosong akan merubah warna menjadi cokelat pekat dan rasa menjadi pahit.

Bacaan Lainnya

Sebutan kue bolu sarang semut di beberapa wilayah di Indonesia berbeda-beda, di daraeh Sumatra kue ini bernama bika karamel, sedangkan di wilayah lain kue ini disebut bolu karamel.

Baca Juga: Cara Membuat Bolu Mentega Super Lembut

Bahan-bahan Caramel Cake

  • Tepung terigu 100 gram
  • Tepung maizena 25 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Baking powder 12 sendok teh
  • Margarin 100 gram (lelehkan)
  • Susu kental manis putih 100 ml (sesuaikan selera)
  • Telur 4 butir
  • Air panas 225 ml

Cara Membuat Caramel Cake

  1. Panaskan oven terlebih dahulu, dan siapkan loyang cincin lalu olesi loyang dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu tipis-tipis.
  2. Masak gula di atas panci atau wajan hingga gula larut dan berubah warna menjadi cokelat tua, tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk dan masak hingga larut dan mendidih, angkat dan dinginkan.
  3. Masukkan margarin dan susu kental manis ke dalam karamel lalu aduk hingga rata, sisihkan terlebih dahulu.
  4. Ambil wadah lain, kocok telur menggungakan whisk, masukkan tepung terigu, tepung maizena, soda kue, dan baking powder sambil diayak selang-seling. Aduk dengan whisk sampai rata (pastikan tidak ada adonan yang menggumpal).
  5. Tuang adonan karamel ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 180 °C selama 40 menit.
  7. Angkat lalu dinginkan, keluarkan dari loyang, potong sesuai selera dan Kue Bolu Sarang Semut / Caramel Cake siap disajikan.

Tips Membuat Bolu Karamel / Kue Sarang Semut

Pastikan gula tidak sampai berwarna cokelat pekat atau kehitaman saat membuat karamel, karena kue akan berubah menjadi pahit. Tuang sedikit demi sedikit air panas saat membuat karamel.

Gunakan gula pasir yang bersih dan bebas dari kotoran atau tercampur bahan lain.

Pastikan adonan tercampur rata dan jangan sampai ada yang masih bergerindil atau menggumpal.

Selamat Mencoba !!!