Resep Castagnaccio – Kue Chestnut Tradisional Italia

Resep Castagnaccio Kue Chestnut Tradisional Tuscany Italia
Resep Castagnaccio Kue Chestnut Tradisional Tuscany Italia

Daftar Isi

Resep Castagnaccio

Castagnagccio atau juga disebut baldino atau pattona adalah kue tradisional Tuscany di Italia yang terbuat dari tepung kastanye, minyak zaitun, kacang pinus, dan kismis. Resep castagnaccio lokal akan menambahkan bahan tambahan seperti rosemary, kulit jeruk, biji adas, dan buah-buahan kering lainnya. Untuk rasa yang sempurna, kue ini paling baik dinikmati bersama dengan ricotta, madu kastanye, atau anggur manis seperti vin santo.

Sebagai makanan penutup, castagnaccio menjadi makanan favorit di musim gugur. Kue ini berbentuk padat, rata dan tidak beragi serta memiliki rasa yang sangat manis. Seperti kebanyakan masakan tradisional Italia, terdapat banyak variasi resep yang tidak ada habisnya. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan membuat castagnaccio sebagai hidangan penutup untuk meja makan di rumah atau saat malam Thanksgiving.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Roti Focaccia Italian Flatbread

Bahan Kue Castagnaccio Original Italia

  • Tepung kastanye 225 gram (ayak)
  • Minyak zaitun 3 sendok makan
  • Daun rosemary 1 sendok makan
  • Garam halus 18 sendok teh
  • Kismis 50 gram (rendam air hangat 10 menit, lalu keringkan)
  • Kenari 35 gram (cincang kasar, lalu panggang)
  • Kacang pinus 40 gram
  • Air hangat 2 gelas

Cara Membuat Castagnaccio Chestnut Cake

  1. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 190 °C.
  2. Siapkan wadah besar, masukkan tepung kastanye kemudian tuang 2 gelas air hangat, aduk perlahan hingga membentuk adonan halus.
  3. Tambahkan 2 sendok minyak zaitun, garam, dan kismis, aduk kembali menggunakan spatula kayu hingga rata.
  4. Siapkan loyang bulat yang sudah diolesi mentega atau minyak, lalu tuang adonan ke dalam loyang.
  5. Taburi dengan kenari, kacang pinus, daun rosemary, dan sisa minyak zaitun secara merata. Tepuk ringan dengan spatula.
  6. Panggang dalam oven selama 30-35 menit hingga matang kecokelatan dan bertekstur keras.
  7. Angkat dan dinginkan, potong sesuai selera dan sajikan Kue Castagnaccio sebagai hidangan penutup.

Tips Membuat Castagnaccio Chestnut Cake

Sebagai variasi, tambahkan ke dalam adonan 2 sendok teh cocoa powder tanpa pemanis dan 140 gram dark chocolate cair.

Ganti kismis dengan manisan kulit jeruk cincang, ceri hitam kering, apel cincang, atau buah ara kering cincang.

Selamat Mencoba !!!

resep pandan chiffon cake,cara membuat kue muffin,dessert khas korea,komposisi roti tawar,pie apple,suhu oven listrik untuk kue bolu,menu masakan untuk arisan keluarga,fungsi cream of tartar,menu makanan untuk sehari hari,sea food,aneka kue bolu panggang,aneka resep olahan roti tawar,resep pisang keju crispy,masakan taiwan,cara membuat kwetiau,kue putu bambu,kue sisir,olahan oatmeal untuk diet,membuat bakpao,sapi lada hitam,kue jahe,cara membuat terang bulan teflon,resep potato cheese,resep makanan khas ambon,resep bread talk,kue khas manado,bahan kue sus,resep kue bika ambon medan,resep onde onde gula merah,krengsengan kambing,bakpia kacang ijo,menu makanan untuk arisan,bahan untuk mengembangkan kue,cara bikin kue dorayaki,apa itu heavy cream,mooncake,menu makanan untuk arisan keluarga,makanan cireng,resep bika ambon,resep lidah kucing renyah,menu arisan keluarga sederhana,menu arisan murah meriah,bahan kue bika ambon,cara membuat muffin,resep pastry and bakery,cara membuat kue cupcake,membuat ayam goreng,menu arisan praktis,cara menggunakan oven listrik kirin,cara bikin bolu karamel