Resep Cheese Cracker Gurih Original

Resep Cheese Cracker Gurih Original

Resep Cheese Cracker Camilan Gurih

Kraker adalah sebuah kue kering berbentuk datar yang biasanya terbuat dari gandum. Banyak sekali bentuk, variasi, dan rasa dari Kraker, salah satunya adalah cheese craker atau kraker keju. Bahan utama resep cheese cracker terdiri dari tepung, mentega, garam dan keju. Kraker sering di jadikan sebagai camilan yang bernutrisi, tekstur yang renyah serta rasa yang gurih, membuat kue kering satu ini menjadi favorit anak-anak bahkan orang dewasa.

Resep awal kraker sudah ada sejak abad ke-19, Biasanya Cracker ini ada di setiap kemasan MRE(Meal Ready to Eat) Tentara karena bentuknya yang mudah dibawa pas didalam kantong/saku dan cukup mengenyangkan untuk sekedar makanan darurat. Sekarang Anda bisa membuat cheese cracker yang enak dan crunchy sendiri di rumah dengan menyimak cara membuat cheese cracker berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Castagnaccio – Kue Chestnut traditional Italia

Bahan Cheese Cracker Keju Original

  • Tepung serbaguna 125 gram
  • Keju Cheddar kuning/parut 225 gram
  • (Optional/boleh pake boleh tidak) keju parmesan 12 cangkir
  • Mentega tawar 1⁄4 cangkir
  • Air dingin 1⁄4 cangkir
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Cheese Cracker

  1. Panaskan oven pada suhu 180 °C
  2. Siapkan wadah lain, lalu masukkan dan campurkan keju Cheddar, mentega, dan garam.
  3. Tambahkan tepung, air dingin, dan keju parmesan(optional). Lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Setelah itu bentuk menjadi 2 buah adonan dan bungkus dengan kertas roti, bila adonannya terlalu kering anda bisa menambahkan air es secukupnya. Lalu dinginkan selama 30 menit dalam lemari es.
  5. Ambil adonan dari lemari es lalu ratakan pada kertas perkamen, pastikan ketebalan adonanya berkisar sekitar 1⁄2 cm. Lalu cetak adonan sesuai denga bentuk yang anda inginkan, bisa berbentuk kotak dengan ukuran sekitar 3×3 cm atau berbentuk bulat dengan diameter 3 cm. Jangan lupa beri tusukan ditengah nya atau beberapa tusukan ukuran kecil agar matang nya lebih merata
  6. Lapisi loyang dengan kertas perkamen lalu taruh adonan yang sudah dibentuk tadi agar dasar cracker tidak mudah gosong. Bila oven sudah panas masukkan kedalam oven dan panggang sekitar 13 menit atau Cheese Cracker nya sudah berwarna coklat keemasan. Namun tetap pantau oven agar Cheese Cracker nya agar tidak gosong.
  7. Setelah itu angkat dan sajikan Cheese Cracker Original.

Tips Membuat Cracker Keju Gurih

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang. Gunakan keju parmesan sebagai bahan tambahan agar rasa lebih gurih.

Selamat Mencoba !!!