Resep Cheesecake Original

Resep Cheesecake Original

Resep Cheesecake Original Kue Keju Lembut

Cheesecake termasuk jenis kue yang dimakan sebagai hidangan penutup. Bahan dasar resep cheesecake adalah mencampurkan keju bertekstur lembut, telur, susu, dan gula. Keju yang umum digunakan untuk membuat kue keju ini adalah keju krim, tetapi bisa juga menggunakan keju jenis lain, seperti cottage cheese, ricotta, dan lain sebagainya.

Setiap negara di dunia membuat cheesecake dengan variasi penggunaan bahan dan teknik yang berbeda, sehingga menciptakan tekstur yang yang sangat beragam. Pemilihan keju yang digunakan akan mempengaruhi ringan atau padatnya tekstur.

Bahan Resep Cheesecake Kue Keju Lembut

  • Tepung terigu 125 gram
  • Krim keju 450 gram
  • Margarin 20 gram
  • Susu bubuk 100 gram
  • Tepung maizena 3 sendok makan
  • Cake emulsifier 1 sendok makan
  • Garam 12 sendok teh

Cara Membuat Cheesecake

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan garam ke dalam wadah. Aduk sampai tercampur rata.
  2. Campurkan margarin dengan krim keju, kocok hingga rata.
  3. Siapkan wadah lain, kocok telur, lalu masukkan gula pasir dan emulsifier. Kocok mengggunakan mixer sebentar saja sampai mengembang.
  4. Campurkan adonan tepung dan adonan krim keju (langkah 1 dan 2). Aduk sampai merata.
  5. Tuangkan adonan ke loyang kue yang sudah di olesi mentega tipis-tipis.
  6. Panggang kue dengan suhu 180 °C selama 45 menit hingga matang.
  7. Keluarkan dari oven, diamkan sampai dingin dan kue siap disajikan.

Baca Juga: Resep Roti Pita

Tips: Pendinginan cheesecake yang masih hangat harus di diamkan selama 1 sampai 2 jam dalam suhu ruangan sebelum dapat di sajikan.

Jangan mengocok adonan krim keju dan mentega secara berlebihan, oven yang terlalu panas, proses pendinginan yang terburu-buru. Karena hal tersebut akan menyebabkan permukaan kue retak saat di panggang atau terdapat gumpalan pada adonan.

Cheesecake akan lebih menarik jika di beri hiasan buah segar, krim dan lapisan gula. Anda juga bisa memberi biskuit, kacang, atau bahan lain yang renyah pada bagian dasar dari cheesecake.

Cara Menyimpan Cheesecake Yang Baik dan Tepat

Tekstur yang lembut mengharuskan cheesecake harus di simpan dengan baik dan benar, agar tetap lezat saat akan di hidangkan kembali. Caranya, masukkan ke dalam wadah kue yang tertutup rapat kemudian dinginkan dalam lemari es selama dua jam. Setidaknya cheesecake akan bertahan kurang lebih 5 hari di dalam lemari es.

Selamat Mencoba !!!