Resep Egg Tart Original

Resep Egg Tart Original Pastel de Nata
Resep Egg Tart Original Pastel de Nata

Resep Egg Tart

Egg Tart menjadi salah satu cemilan favorit di Indonesia, camilan manis sejenis pie yang pada awalnya memiliki ukuran bulat besar kini menjadi mini egg tart dengan sekali lahap (one bited sized). Kulit egg tart memiliki tekstur yang renyah serta terdapat isian custard telur di atasnya. Resep Egg Tart Original biasanya terbuat dari adonan susu, krim, gula, dan kuning telur.

Pernah masuk ke dalam daftar makanan paling enak di dunia, egg tart memiliki aroma wangi, tidak berbau amis dari telur, dan citarasa manis sangat cocok untuk dijadikan teman minum teh atau kopi di sore hari. Sebenarnya egg tart juga memiliki aneka isian topping seperti cokelat, susu, green tea, keju dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Apple Pie Lembut Khas Amerika

Bahan Membuat Egg Tart

  • Tepung terigu protein tinggi 250 gram
  • Tepung terigu protein sedang 100 gram
  • Mentega tawar 50 gram
  • Garam 12 sendok teh
  • Air jeruk lemon 12 sendok makan
  • Margarin pastry 180 gram (pipihkan bentuk kotak)
  • Air es 170 ml

Bahan Isian Egg Tart:

  • Tepung maizena 8 gram
  • Ekstrak vanilla 12 sendok teh
  • Susu cair 250 ml
  • Whip cream cair 90 gram
  • Gula pasir 50 gram

Cara Membuat Egg Tart (Pie Custard)

1. Cara Membuat Adonan Puff Pastry Egg Tart

  1. Campurkan tepung terigu, air lemon dan garam di dalam wadah kemudian aduk rata. Masukkan butter, aduk kembali hingga adonan bergerindil.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan setengah kalis. Bulatkan adonan menjadi bulatan besar, masukkan adonan ke dalam wadah tertutup lalu simpan di kulkas selama 30 menit.
  3. Taburi meja dengan sedikit tepung, gilas adonan hingga memanjang vertikal, bagi secara semu adonan menjadi 3 bagian (tidak benar-benar dipotong). Letakkan margarin pastry tepat di tengah adonan, lalu tumpuk adonan dengan melipat bagian kanan, kiri, atas, bawah ke arah dalam (menutupi margarin pastry). Pastikan margarin pastry tertutup rapat sempurna.
  4. Putar adonan 90 derajat, lalu gilas sampai tipis vertikal, bagi lagi secara semu menjadi 3 bagian (tanpa benar-benar dipotong), lipat bagian atas dan bawah ke arah tengah. Simpan adonan ke dalam kulkas selama 10 menit.
  5. Keluarkan adonan lalu gilas lagi memanjang vertikal, bagi secara semu lagi menjadi 3 bagian, lipat bagian atas dan bawah ke arah tengah, simpan kembali di dalam kulkas selama 10 menit. Lakukan teknik ini sampai empat kali pengulangan.
  6. Pada proses yang terakhir, tutupi adonan menggunakan plastik lalu diamkan selama 25 menit di dalam kulkas. Adonan siap untuk digunakan.

2. Cara Membuat Isian Egg Tart

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung maizena, whip cream, susu, gula pasir, dan kuning telur, aduk hingga rata.
  2. Masak di atas kompor dengan api kecil sebentar saja, atau hingga gula sudah larut. Matikan kompor lalu masukkan ekstrak vanilla kemudian aduk-aduk hingga uapnya menghilang.
  3. Sisihkan dan dinginkan.

3. Membuat Egg Tart

  1. Ambil adonan kulit puff pastry, gulung adonan seperti menggulung tikar, lalu potong dengan ketebalan satu setengah centimeter.
  2. Ambil masing-masing potongan adonan kulit, taruh di atas loyang atau cetakan pie, olesi permukaannya dengan sedikit tepung sambil di tekan-tekan hingga adonan kulit menjadi pipih dan menutupi seluruh permukaan cetakan.
  3. Tuangkan bahan isian di atas adonan kulit hingga memenuhi cetakan sebanyak 80 persen.
  4. Tata cetakan pie di loyang yang sudah dilapisi alumunium. Biarkan beberapa saat agar adonan puff pastry mengembang sempurna. Panaskan oven terlebih dahulu.
  5. Panggang dengan suhu 200 °C selama 30 menit hingga matang dan isiannya muncul bintik-bintik hitam.
  6. Keluarkan dari oven, dinginkan dan Egg Tart Original (Pie Custard) siap disajikan.

Tips Membuat Egg Tart

Proses menggiling dan melipat adonan puff pastry untuk kulit egg tart yang berkali-kali membutuhkan kesabaran dan ketelitian, dan jangan sampai lapisan margarin pastry pecah. Proses ini juga akan membuat adonan menjadi kalis dengan sendirinya.

Saat proses penggilingan, jika lapisan margarin pastry keluar, segera bersihkan dan taburi bagian kulit yang pecah menggunakan terigu sedikit.

Anda juga bisa menggunakan kulit puff pastry frozen yang siap pakai supaya praktis.

Selamat Mencoba !!!