Resep Fougasse – Roti Klasik Prancis

Resep Fougasse Roti Klasik Prancis
Resep Fougasse Roti Klasik Prancis

Resep Roti Fougasse With Rosemary

Fougasse adalah roti tradisional yang berasal dari bagian selatan Prancis tepatnya di kota Provence, roti ini berbentuk unik yaitu menyerupai daun dan terdapat lubang-lubang serat. Fungsi lubang ini adalah membuat roti terpanggang merata dengan cepat, fougasse memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Adonan resep roti fougasse biasanya terbuat dari tepung terigu, minyak zaitun, ragi, air dan daun-daunan.

Daun yang dipakai biasanya adalah rosemary, thyme, oregano dan lain sebagainya. Fougasse aslinya berasal dari Romawi Kuno yang dikaitkan dengan roti focaccia. Roti ini bisa sebagai hidangan pembuka atau sarapan dan di sajikan hangat bersama saus, calzone bercampur keju dan bacon.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Focaccia Roti Legendaris dari Italia

Bahan Roti Fougasse

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Minyak zaitun 40 gram
  • Ragi instan 2 sendok teh
  • Garam 112 sendok teh
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Rosemary 1 sendok makan
  • Oregano 1 sendok teh
  • Parsley 1 sendok teh
  • Air hangat 300 ml

Cara Membuat Fougasse Roti Klasik Prancis

  1. Campurkan 3 sendok makan tepung terigu, ragi, dan gula, aduk rata kemudian tuang air hangat secukupnya hingga adonan menjadi kental, sisihkan dalam suhu ruang hingga adonan mengembang.
  2. Siapkan wadah lain, masukkan sisa tepung terigu, dan garam, aduk rata, kemudian masukkan adonan ragi lalu uleni dengan menambahkan air hangat sedikit demi sedikit.
  3. Masukkan minyak zaitun lalu uleni kembali hingga adonan kalis elastis dan tidak lengket. Istirahatkan adonan selama satu jam dalam suhu ruang hingga mengembang 2 kali lipat.
  4. Campur adonan dengan irisan rosemary, oregano, dan parsley kemudian uleni sebentar hingga tercampur rata.
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian atau sesuai selera, pipihkan menggunakan rolling pin dengan bantuan taburan tepung tipis-tipis agar tidak lengket. Iris memanjang dengan pisau dan bentuk adonan menyerupai daun.
  6. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 200 °C dengan api atas bawah selama 15 menit.
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah beralaskan kertas roti, panggang roti selama 25 menit dengan suhu 200 °C hingga berwarna kecokelatan.
  8. Angkat dan sajikan Fougasse selagi hangat.

Tips Membuat Roti Fougasse

Saat menggilas adonan jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, tekan adonan menggunakan jari tangan untuk mempermudah saat membentuk roti seperti daun.

Beberapa topping untuk Fougasse yang bisa Anda coba antara lain: keju, buah kering, potongan daging asap, dan kacang almond.

Selamat Mencoba !!!