Resep Kue Batik Cokelat

Resep Batik Cake - Kue Batik Cokelat
Resep Batik Cake - Kue Batik Cokelat

Resep Kue Batik Biskuit Marie Cokelat

Kue Batik atau Batik Cake adalah kue pencuci mulut khas Malaysia yang menggunakan kombinasi biskuit marie dan saus cokelat atau puding encer, telur, mentega, susu kental, dan bubuk cokelat. Kue ini merupakan bentuk adaptasi bahan-bahan lokal yang terpengaruh oleh Inggris pada masa kolonial. Resep kue batik biskuit marie biasanya bertekstur kenyal dan berbentuk rapi. “Kek Batik” biasa disajikan pada perayaan Natal atau Hari Raya Idul Fitri.

Batik Cake sekilas mirip dengan kue biskuit cokelat Hedgehog Slice, namun beberapa bahan membedakannya. Selain itu, di Brunei kue ini menggunakan lapisan topping khas berwarna hijau.

Bacaan Lainnya

Kue Batik Original ini sangat mudah proses pembuatannya, bisa menggunakan mixer, tanpa oven, maupun melalui proses pengkukusan, simak resep kue batik biskuit marie berikut ini.

Baca Juga: Resep Pavlova Cake – Dessert Mewah Khas Australia

Bahan Kue Batik

  • Biskuit marie susu 300 gram (patahkan atau utuh)
  • Cokelat bubuk 175 gram (milo/ovaltine/chocolatos)
  • Mentega 150 gram
  • Telur 4 butir (kocok lepas)
  • Ekstrak vanili 1 sendok teh
  • Susu kental manis 1 kaleng (397 ml)
  • Kacang tanah sangrai secukupnya (cincang, untuk taburan)(optional)

Cara Membuat Batik Cake Cokelat

  1. Siapkan loyang kue berbentuk persegi panjang, lapisi dengan kertas roti, lalu olesi menggunakan mentega tipis-tipis, sisihkan.
  2. Lelehkan mentega dalam panci kecil menggunakan api sedang, kemudian tambahkna kental manis dan bubuk cokelat, aduk rata.
  3. Tuang kocokan telur lalu aduk hingga mengental mencapai konsistensi seperti permen empuk, dan bersuhu antara 115-120 °C. Tambahkan ekstrak vanili, aduk rata kemudian matikan api.
  4. Jika biskuit marie dipata-patahkan: Tuang sedikit adonan cokelat ke dalam loyang, lalu susun biskuit marie di atasnya dan tuang sedikit adonan cokelat. Ulangi proses menyusun biskuit dan menuangkan adonan cokelat hingga selesai.
  5. Beri taburan kacang sesuai selera lalu dinginkan kue batik pada suhu ruang.
  6. Tutup loyang lalu masukkan ke dalam kulkas, setelah mengeras, keluarkan dari loyang, potong sesuai selera.
  7. Batik Cake Original siap untuk disajikan.

Tips Membuat Kue Batik Cokelat

Cara membuat kue batik tanpa telur dan dimasak bisa juga dilakukan, yaitu campur mentega leleh dan kental manis, kocok menggunakan whisk atau mixer kemudian tambahkan bubuk cokelat, aduk rata. Susun biskuit ke dalam loyang, tuang adonan cokelat di atasnya lalu simpan ke dalam kulkas.

Selamat Mencoba !!!