Resep Kue Bolu Mentega

Resep Kue Bolu Mentega
Resep Kue Bolu Mentega

Resep Kue Bolu Mentega Lembut

Kue Bolu adalah kue yang berbahan dasar tepung, gula dan telur. Bolu biasanya juga disebut dengan butter cake. Resep Kue Bolu digolongkan menjadi dua, berdasarkan teknik pembuatannya.

Pertama adalah butter cake atau cream cake. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue. Kedua adalah sponge cake, teknik proses pembuatan di awali dengan mengocok telur dan mentega hingga menjadi busa yang halus dan kental.

Bacaan Lainnya

Cake ini berukuran besar dengan bentuk bundar atau persegi yang dimaksudnkan untuk dipotong-potong ketika di sajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut Roti Bolu Gulung.

Baca Juga: Tips Memanggang Kue dan Roti

Bahan Kue Bolu Mentega

  • Tepung terigu protein sedang 200 gram
  • Gula pasir 150 gram
  • Mentega 250 gram
  • Pasta vanila 1 sendok teh

Langkah-langkah

  1. Campur mentega dan gula pasir dalam wadah, kocok menggunakan mixer sampai lembut dan mengembang. Tandanya, adonan tidak jatuh saat dibalik dari wadah.
  2. Masukkan pasta vanilla dan telur satu per satu, kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah.
  3. Masukkan tepung terigu secara bertahap ke dalam adonan, tetap kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga merata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang sudah di oles margarin tipis-tipis serta sudah di alasi kertas roti.
  5. Panggang dengan suhu 180 °C selama 45 menit.
  6. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu. Setelah dingin, potong-potong sesuai selera dan Kue Bolu Mentega siap di sajikan.

Tips: Gunakan telur bersuhu ruang agar mudah mengembang saat di kocok.

Pastikan kue sudah matang merata dengan cara, tusuk dengan lidi di bagian tengah kue. Jika tidak ada adonan kue yang menempel pada lidi, tandanya kue sudah matang.

Variasi: Sebelum di panggang, adonan bisa juga di tambahkan berbagai bahan perasa dan aroma, seperti bubuk coklat, daun pandan, kacang-kacangan, kismis, buah-buahan kering, dan lain sebagainya.

Cake yang sudah matang bisa di hias dengan krim mentega dengan tambahan cokelat butir, permen warna-warni, dan marshmallow.

Cara Menyimpan Kue Bolu Agar Tetap Lembut

Cara pertama, Anda bisa menyimpan bolu di tempat penyimpanan khusus kue. Agar kue bolu menjadi tahan lebih lama dan tekstur tidak terlalu berubah. Kedua, balut kue bolu menggunakan plastic wrap kedap udara. Selanjutnya Anda juga bisa menyimpannya di lemari es, tetapi masukkan dahalu ke dalam wadah kedap udara, agar tidak menjadi keras dan kasar.

 

Selamat Mencoba !!!

Pos terkait