Resep Kue Canele

Resep Canele - Kue Khas Prancis
Resep Canele - Kue Khas Prancis

Resep Kue Canele Klasik Khas Prancis

Canele adalah kue yang berasal dari Prancis dengan bentuk kecil dengan custard lembut dan berwarna cokelat gelap. Kue ini mempunyai rasa rum dan vanilla dengan bagian tengah yang lembut serta bagian luar yang garing karena proses karamelisasi. Ukuran kue canele sekitar 5 centimeter dengan bentuk silinder, sedangakan adonan dasar resep kue canele terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan susu.

Walaupun tidak sepopuler macaroon, canale mulai dikenal di dunia bakery. Hidangan penutup khas Prancis ini bisa juga dikreasikan dengan aneka rasa lain seperti matcha, strawberry, dan lain-lain. Ukuran yang kecil membuat kue ini cocok untuk dijadikan camilan atau teman minum teh, kopi atau wine.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Macaroon – Kue Kering Khas Italia yang Populer

Bahan Kue Canele

  • Tepung terigu serbaguna 230 gram
  • Gula halus 230 gram
  • Susu cair 500 ml
  • Mentega tawar 2 sendok makan
  • Vanilla 1 batang (ambil bijinya)
  • Telur 2 butir
  • Kuning telur 2 butir
  • Rum 2 sendok makan (bisa juga yang tanpa alkohol)

Bahan Olesan

  • Gula palem 100 gram
  • Mentega tawar 5 sendok makan

Cara Membuat Canneles de Bordeaux

  1. Siapkan cetakan canele kemudian olesi menggunakan mentega dan taburi gula, lakukan ke semua cetakan lalu simpan di dalam lemari es selama 30 menit.
  2. Masak susu cair dan vanilla di atas kompor menggunakan api kecil hingga mendidih, angkat lalu saring.
  3. Tambahkan mentega, aduk hingga mentega meleleh, sisihkan terlebih dahulu.
  4. Kocok telur menggunakan whisk hingga rata, masukkan kocokan telur ke dalam campuran susu, aduk rata.
  5. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan gula halus sambil diayak, masukkan campuran susu dan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula hingga rata. Simpan ke dalam lemari es selama semalam (12 jam).
  6. Keluarkan adonan, saring dan tambahkan rum lalu aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga mencapai 34 tinggi cetakan, lakukan hingga semua adonan habis.
  7. Panggang dalam oven bersuhu 250 °C atau suhu maksimal selama 5 menit, lalu turunkan menjadi 175 °C dan panggang kembali selama 45 menit hingga matang kecokelatan.
  8. Keluarkan dari dalam oven dan tunggu hingga sedikit dingin, Canneles De Bordeaux siap disajikan.

Tips Penting Membuat Kue Canele

Gunakan vanilla beans asli karena aroma natural vanilla akan tersebar merata dan membuat ciri khas canele original.

Canele identik dengan rum, Anda bisa menggunakan produk rum tanpa alkohol atau menggantinya dengan pengganti rum yaitu, jus anggur putih, sari apel atau sirup gula dengan tambahan ekstrak almond (dengan takaran yang sama).

Selamat Mencoba !!!

resep pandan chiffon cake,cara membuat kue muffin,dessert khas korea,komposisi roti tawar,pie apple,suhu oven listrik untuk kue bolu,menu masakan untuk arisan keluarga,fungsi cream of tartar,menu makanan untuk sehari hari,sea food,aneka kue bolu panggang,aneka resep olahan roti tawar,resep pisang keju crispy,masakan taiwan,cara membuat kwetiau,kue putu bambu,kue sisir,olahan oatmeal untuk diet,membuat bakpao,sapi lada hitam,kue jahe,cara membuat terang bulan teflon,resep potato cheese,resep makanan khas ambon,resep bread talk,kue khas manado,bahan kue sus,resep kue bika ambon medan,resep onde onde gula merah,krengsengan kambing,bakpia kacang ijo,menu makanan untuk arisan,bahan untuk mengembangkan kue,cara bikin kue dorayaki,apa itu heavy cream,mooncake,menu makanan untuk arisan keluarga,makanan cireng,resep bika ambon,resep lidah kucing renyah,menu arisan keluarga sederhana,menu arisan murah meriah,bahan kue bika ambon,cara membuat muffin,resep pastry and bakery,cara membuat kue cupcake,membuat ayam goreng,menu arisan praktis,cara menggunakan oven listrik kirin,cara bikin bolu karamel