Resep Kue Lapis Legit

Resep Kue Lapis Legit Spekkoek
Resep Kue Lapis Legit Spekkoek

Resep Kue Lapis Legit Original

Kue Lapis Legit adalah salah satu jenis kue basah tradisional Indonesia, berasal dari kata spekkoek (bahasa Belanda) kue ini dikembangkan pada masa kolonial Belanda. Terinspirasi dari kue lapis Eropa, bahan resep kue lapis legit adalah tepung terigu, kuning telur, gula dan mentega.

Cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut namun kokoh dan membentuk lapisan yang berjumlah banyak membuat lapis legit juga dikenal dengan sebutan kue seribu lapis. Kue ini biasanya di sajikan sebagai hadiah di acara tertentu, namun sekarang Anda bisa membuatnya sendiri untuk kudapan atau hidangan pencuci mulut.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Bolu Mentega Kudapan Super Lembut

Bahan Kue Lapis Legit Spekuk

  • Tepung terigu protein rendah 60 gram
  • Susu bubuk 20 gram
  • Butter 350 gram
  • Bubuk spekuk 1 sendok teh
  • Gula halus 300 gram
  • Kuning telur 20 butir
  • Susu kental manis 2 sendok makan

Cara Membuat Kue Lapis Legit

  1. Kocok butter dan gula halus menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit hingga mengembang.
  2. Turunkan kecepatan mixer, kemudian masukkan kuning telur satu persatu, aduk kembali hingga rata lalu masukkan susu kental manis, kocok rata.
  3. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan bubuk spekuk sambil diayak sedikit demi sedikit, aduk balik menggunakan spatula sampai rata.
  4. Siapkan loyang (ukuran 20x20x7 centimeter) yang sudah dialasi kertas roti, masukkan satu sendok sayur adonan ke dalam loyang, ratakan.
  5. Panggang dalam oven dengan api bawah pada suhu 180 °C hingga kecokelatan, keluarkan dari oven lalu tekan-tekan permukaannya dengan alat penekan atau punggung sendok.
  6. Tuang satu sendok sayur adonan ladi di atasnya, ratakan lalu oven menggunakan api atas sampai kecokelatan, tekan-tekan lagi permukaannya. Ulangi langkah tersebut hingga adonan habis.
  7. Jika sudah mencapai adonan terakhir, pangggang dengan api bawah selama 15 menit sampai matang.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven dinginkan terlebih dahulu baru potong sesuai selera.

Tips Membuat Kue Lapis Legit Tradisional

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang kue lapis legit, dan perhatikan kestabilan suhu oven

Jangan menekan permukaan kue terlalu kuat, tekanlah secukupnya dan pecahkan gelembung udara pada adonan jika mungkin muncul, serta membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatan Kue Lapis Legit.

Selamat Mencoba !!!

Pos terkait