Resep Kue Mochi

Resep Kue Mochi
Resep Kue Mochi

Resep Kue Mochi Kenyal Isi Kacang Tanah

Mochi, kue kenyal yang berasal dari Jepang ini sangat terkenal hingga sampai ke Indonesia. Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan cemilan legit yang satu ini, berbahan dasar tepung beras ketan dan biasanya berisi kacang tanah yang manis serta tampilan warna-warni membuat siapa saja ingin menikmatinya. Namun ada juga resep kue mochi yang berisikan pasta kacang merah, yaitu daifuku mochi.

Di Indonesia, khususnnya di Kota Sukabumi, kue mochi banyak ditemui di beberapa titik persimpangan jalan besar. Kue Mochi di jual dengan dua jenis yang berbeda yaitu, mochi tanpa isian dan yang menggunakan isian. Namun saat ini tidak perlu jauh-jauh ke Sukabumi ataupun Jepang, dengan sedikit bahan dan langkah-langkah yang mudah Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Roti Manis Khas Jepang – Melonpan

Bahan Kue Mochi Original

  • Tepung ketan 250 gram
  • Santan 200 ml
  • Pewarna / perisa makanan 2 tetes (sesuai selera)
  • Garam 14 sendok teh
  • Gula 3 sendok makan
  • Minyak secukupnya (untuk olesan)
  • Tepung maizena secukupnya (untuk taburan)

Bahan Isian:

  • Kacang tanah 100 gram (sangrai)
  • Gula halus 3 sendok makan
  • Air panas 2 sendok makan

Cara Membuat Mochi

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung ketan, santan, gula pasir, dan garam lalu aduk rata menggunakan whisk sampai gula larut dan tidak menggumpal.
  2. Tambahkan 2 tetes pewarna makanan, aduk rata. Panaskan pengkukus dan siapkan loyang yang sudah diolesi sedikit minyak.
  3. Tuang adonan mochi ke dalam loyang, kukus hingga matang sekitar 20 menit (warna agak sedikit transparan).
  4. Angkat adonan dari dalam pengkukus, taburi dengan tepung maizena agar tidak lengket, lalu taruh adonan mochi di atas meja yang sudah ditaburi tepung.
  5. Uleni adonan mochi saat masih hangat lalu gilas menggunakan rolling pin agar pipih. Potong atau cetak adonan menjadi bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera.
  6. Membuat Isian Mochi: Blender kasar kacang tanah yang sudah disangrai, tuang ke dalam wadah lalu tambahkan gula halus dan air panas, aduk rata hingga kacang bisa dibentuk.
  7. Ambil adonan kulit mochi, beri isian kacang di tengah adonan, lalu bulatkan menggunakan tangan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  8. Taburi mochi dengan tepung maizena agar tidak lengket
  9. Mochi Original khas Jepang siap disajikan.

Tips Membuat Mochi Kenyal dan Lembut

Gunakan perisa makanan agar aroma mochi bisa lebih harum, tambahkan isian mochi sesuai selera seperti cokelat, kacang merah, keju, atau es krim green tea.

Simpan segera mochi ke dalam wadah tertutup untuk menghindari kulit mochi yang kering dan mengeras.

Selamat Mencoba !!!

Pos terkait