Resep Kue Pretzel Empuk

Resep Kue Pretzel Empuk
Resep Kue Pretzel Empuk

Resep Kue Pretzel Empuk dan Simpel

Kue Pretzel dengan citarasa yang empuk dan sedikit kenyal sangat cocok dicelupkan ke dalam mustard atau saus keju. Pretzel termasuk jenis kue yang berasal dari Jerman. Kue ini berupa tiga simpul atau belitan, rasanya asin dan sedikit manis. Biasanya pretzel bertekstur lunak, tapi ada pula yang keras. Resep Kue Pretzel telah dikembangkan menjadi beberapa variasi, dari variasi bentuk, ukuran, maupun topping.

Mirip dengan membuat roti lainnya, membuat pretzel tidak begitu sulit. Bahan-bahan dasar yang diperlukan juga sangat mudah seperti terigu, ragi, air. Variasi topping asin atau manis, keju, kacang, kayu manis sesuai dengan selera Anda,

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Butter Cookies ala Monde

Bahan-bahan Resep Kue Pretzel Empuk

  • Terigu 250 gram
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Ragi instan 2 sendok teh
  • Air hangat 100 ml
  • Garam 1⁄4 sendok teh
  • Mentega 2 sendok makan

Rebusan

  • Air 500 ml
  • Soda Kue 1 sendok teh

Bahan Untuk Olesan

  • Kuning telur 2 butir

Topping (Sesuai selera)

  • Keju parut parmesan secukupnya
  • Parsley bubuk secukupnya

Mengapa merebus pretzel dalam soda kue?

Sepertinya kami menambahkan langkah yang aneh dalam resep ini: Rebusan, air dan soda kue sebelum memanggangnya di oven. Langkah ini sangat penting, bertujuan untuk mengubah pH bagian luar pretzel. Memberikan karakteristik renyah di luar, kenyal di dalam. Ini juga membantu pretzel mendapatkan warna coklat keemasan. Tanpa langkah ini, pretzel akan terlihat berwarna terang seperti Roti Bagel setelah dimasak.

Langkah-langkah Membuat Kue Pretzel

  1. Campur air hangat dengan ragi instan kedalam mangkuk. Aduk hingga berbuih.
  2. Dalam wadah lain, campur terigu, gula, dan garam sampai merata. Tuangkan larutan ragi tadi (langkah nomer 1) lalu uleni hingga rata.
  3. Masukkan mentega lalu uleni hingga kalis. Diamkan selama 30 menit.
  4. Bagi dan timbang adonan masing-masing menjadi 50 gram.
  5. Ambil satu adonan, bentuklah menjadi tali panjang, kemudian posisikan seperti huruf U. Pegang tiap ujung atasnya, lalu buatlah simpul. Tarik ke bawah, tekan, dan rekatkan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Panaskan bahan rebusan ke dalam panci hingga mendidih.
  7. Rebus Adonan dalam air mendidih selama 30 detik saja. Angkat dan tiriskan.
  8. Siapkan loyang. Tata adonan pretzel di atas loyang.
  9. Olesi permukaan pretzel dengan kuning telur, beri topping parutan keju parmesan dan bubuk parsley.
  10. Panggang dengan suhu 170 °C selama 15-20 menit hingga matang kecoklatan.
  11. Angkat dan siap disajikan.

Tips: Pretzel (tanpa topping) juga bisa dibuat versi manis dengan mencelupkannya ke dalam campuran kayu manis dan gula pasir.

Cara Menyimpan Kue Pretzel Agar Tetap Segar

Kami sangat merekomendasikan agar menjadikan pretzel sebagai hidangan acara hari itu juga. Pretzel akan terasa jauh lebih enak dengan cara ini. Namun jika tidak habis, Anda dapat menyimpannya dengan cara dibungkus dengan kantong plastik kedap udara. Akan tetapi, hal ini akan menjadikan pretzel sedikit lembek pada hari berikutnya.

Cobalah untuk memanasinya kembali dengan cara membasahi dengan air mengalir sebentar saja. Hal ini bertujuan melembabkan permukaan kue dari kerak. Kemudian panggang dengan suhu 150 °C selama 5 menit.

Selamat Mencoba !!!