Resep Kue Tradisional Carabikang Yang Legendaris

Resep Carabikang Kue Tradisional
Resep Carabikang Kue Tradisional

Resep Kue Carabikang

Carabikang adalah salah satu jenis kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras, berbentuk seperti bunga merekah dan berwarna-warni. Kue carabikang merupakan kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Selain tepung beras, resep carabikang menggunakan bahan santan, gula pasir, pewarna makanan dan bahan lainnya. Kue ini berbentuk unik dan memiliki serat serta rasa yang manis dan gurih.

Kue ini dapat kita temui hampir di setiap pasar tradisional yang ada di Indonesia, namun kita pun bisa membuatnya sendiri dengan bahan tambahan, rasa, dan warna sesuai dengan yang diinginkan. Saat ini kue carabikang memiliki rasa yang beragam, sajikan camilan legendaris yang merekah, empuk dan anti gagal dengan terus menyimak resep carabikang berikut ini:

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Kue Klepon Original

Bahan Carabikang Original

  • Tepung beras 175 gram
  • Tepung terigu serbaguna 2 sendok makan
  • Santan kental 500 ml (satu butir kelapa)
  • Gula pasir 75 gram
  • Telur 1 butir (kocok lepas)
  • Baking powder 12 sendok teh
  • Pewarna makanan hijau dan rose pink

Cara Membuat Kue Tradisional Carabikang

  1. Siapkan panci, campurkan dua sendok makan tepung beras dan 125 ml santan kental, kemudian aduk rata. Masak hingga kental sambil terus diaduk.
  2. Siapkan wadah lain, masukkan tepung terigu, sisa tepung beras, gula, dan baking powder, lalu aduk rata.
  3. Masukkan campuran tepung ke dalam campuran santan kental, aduk rata. Masukkan sisa santan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk dengan perlahan sampai rata.
  4. Tambahkan telur kocok, aduk kembali kemudian tepuk-tepuk permukaannya agar berongga, lalu sisihkan selama satu jam.
  5. Ambil dua sendok makan adonan, beri pewarna rose pink secukupnya, aduk rata. Ambil dua sendok makan adonan lain dan beri pewarna hijau, aduk rata lalu sisihkan.
  6. Panaskan cetakan kue carabikang hingga mengeluarkan asap. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga memenuhi 34 dari cetakan
  7. Teteskan adonan warna rose pink dan hijau di beberapa tempat, masak menggunakan api kecil hingga permukaan berlubang. Cungkil kue dari salah satu sisi, lalu tarik bagian tepi hingga merekah.
  8. Angkat dan sajikan Kue Tradisional Carabikang.

Tips Membuat Kue Carabikang Merekah dan Anti gagal

  1. Tepuk-tepuk permukaan adonan sedikit lebih lama sekitar 15 menit agar semakin banyak udara yang terperangkap sehingga membuat teksur kue berongga.
  2. Jangan mengolesi cetakan kue carabikang dengan minyak atau mentega, agar adonan sedikit lengket di cetakan, sehingga akan merekah saat dicungkil.
  3. Tunggu hingga adonan muncul lubang setelah itu tutup cetakan. Cungkil dan rekahkan kue menggunkan dua spatula logam.

Selamat Mencoba !!!

Pos terkait