Resep Lavash Flatbread – Roti Khas Armenia

Resep Roti Lavash Khas Armenia Flatbread
Resep Roti Lavash Khas Armenia Flatbread

Resep Roti Lavash

Lavash termasuk dalam kategori flatbread atau roti pipih yang berasal dari Armenia dan beberapa negara lain di Timur Tengah. Secara tradisional resep roti lavash setelah di giling akan di tempelkan pada dinding pemanggang keramik, roti ini berbahan dasar tepung, air dan garam. Masyarakat Armenia membuat lavash sebagai ekspresi budaya dan biasanya dihidangkan di acara-acara tertentu.

Ketebalan roti ini bervariasi tergantung seberapa tipis adonan di gilas, dan untuk topping biasanya menggunakan biji wijen atau biji selasih. Selain menjadi makanan pembuka roti lavash juga di gunakan sebagai pembungkus kebab atau shawarma, khorovats, rempah-rempah dan keju. Bahan yang umum dan mudah di dapatkan serta cara memasak yang cepat bisa Anda coba di rumah seperti resep berikut ini.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Pogaca – Roti Gurih dari Turki

Bahan Roti Lavash

  • Tepung terigu protein sedang 175 gram
  • Ragi kering 14 sendok teh
  • Garam 2 sendok teh
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • Minyak zaitun 2 sendok makan
  • Air hangat 60 ml
  • Rosemary / sage / lavender secukupnya (untuk taburan)

Cara Membuat Lavash Ekmek

  1. Masukkan tepung terigu, ragi, garam dan gula pasir ke dalam wadah, lalu tambahkan minyak zaitun dan air hangat, aduk rata dan uleni adonan hingga kalis.
  2. Bentuk adonan menjadi bulat, taruh ke dalam wadah yang sudah di olesi minyak tipis-tipis, tutup wadah menggunakan plastik wrap, istirahatkan selama satu jam hingga mengembang.
  3. Kempiskan adonan, uleni sebentar kemudian tutup kembali selama 3 jam.
  4. Gilas adonan menggunakan rolling pin hingga sangat tipis, gunakan sedikit taburan tepung terigu agar adonan tidak lengket.
  5. Potong adonan sesuai keinginan, misalnya seperti bentuk tortilla. Olesi adonan menggunakan minyak dan berikan taburan topping pada permukaan adonan.
  6. Panaskan teflon menggunakan api sedang, beri sedikit minyak. Masukkan adonan ke dalam teflon lalu masak hingga matang berwarna cokelat keemasan.
  7. Angkat dan Roti Lavash Khas Armenia siap disajikan.

Tips Membuat Lavash

Pastikan ragi masih aktif dengan melihat tanggal kadaluwarsa pada kemasan, ragi yang sudah expired akan membuat adonan tidak bisa mengembang dengan baik.

Dinginkan lavash terlebih dahulu kemudian simpan dalam kulkas dengan wadah tertutup untuk dapat dinikmati kemudian hari.

Selain bahan taburan di atas, Anda juga bisa menggunakan biji wijen atau biji poppy untuk rasa yang lebih nikmat.

Selamat Mencoba !!!