Resep Orange Bread – Roti Bolu Jeruk

Resep Orange Bread Roti Jeruk Original

Resep Roti Bolu Jeruk Praktis

Orange Bread atau Roti Jeruk adalah makanan yang berbahan dasar tepung terigu, mentega, ragi, telur dan air perasan jeruk. Pada dasarnya, resep roti jeruk hampir sama dengan resep roti pada umumnya. Selain bertekstur lembut dan memiliki kadar protein yang tinggi, bahan tambahan utama yaitu jeruk akan membuat aroma wangi yang khas dari Orange Bread ini.

Tidak selalu dengan rasa cokelat, pandan, dan keju saja, roti jeruk bisa menjadi menu pilihan camilan saat beraktivitas sehari-hari. Bahan yang diperlukan termasuk cukup mudah ditemukan serta proses pembuatan yang sama seperti membuat roti pada umumnya. Simak resep bolu jeruk di bawah ini.

Baca Juga: Resep Roti Kentang – Potato Bread

Bahan Roti Bolu Jeruk

  • Tepung terigu protein tinggi 200 gram
  • Tepung terigu protein sedang 50 gram
  • Ragi instan 1 sendok teh
  • Mentega 2 sendok makan
  • Susu bubuk 2 sendok makan
  • Kuning telur 1 butir
  • Garam 14 sendok teh
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Air perasan jeruk 110 ml (campur dengan pasta orange)

Cara Membuat Orange Bread Original

  1. Campur ragi instan dengan air hangat dan gula secukupnya, aduk rata lalu sisihkan selama 7 menit.
  2. Siapkan wadah lain, masukkan tepung terigu protein sedang, dan protein tinggi, tambahkan gula pasir, susu bubuk, adonan ragi, dan kuning telur, aduk rata.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai setengah kalis, lalu masukkan mentega dan garam, uleni hingga kalis elastis. Istirahatkan adonan selama satu jam hingga mengembang dua kali lipat.
  4. Kempiskan adonan, kemudian uleni sebentar lalu bulatkan adonan perlahan, tutup adonan menggunakan plastik wrap atau kain bersih.
  5. Siapkan loyang roti yang sudah di olesi mentega, masukkan adonan ke dalam loyang kemudian proofing selama satu jam sampai mengembang.
  6. Panaskan oven terlebih dahulu, panggang dalam oven bersuhu 180 hingga matang.
  7. Angkat kemudian dinginkan terlebih dahulu. Potong-potong sesuai selera dan sajikan Orange Bread Original.

Tips Membuat Roti Jeruk a.k.a Orange Bread

Pastikan ragi yang digunakan masih aktif dengan cara melihat tanggal kadaluwarsa yang ada di kemasan atau dengan cara mencampurnya dengan air hangat. Diamkan sebentar, jika air ragi berbuih maka ragi tersebut masih aktif.

Gunakan isian dan topping sesuai selera, seperti cokelat, keju, susu atau selai. Sesuaikan suhu oven masing-masing saat proses memanggang.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *