Resep Pie Susu Lembut Camilan Manis Khas Bali

Resep Pie Susu Lembut Camilan Manis Khas Bali

Resep Pie Susu Super Lembut

Pie Susu atau Pastei Susu adalah salah satu jenis pastry yang terbuat dari kulit kue kering dengan isian vla susu. Salah satu pie susu yang terkenal di Indonesia berasal dari Bali. Berbeda dengan pastei pada umumnya, pie susu khas bali memiliki ukuran lebih kecil dengan pinggiran yang tipis dan kering. Sehingga dapat bertahan beberapa hari dalam suhu ruang. Oleh karena itu resep pie susu menjadi salah satu resep paling dicari.

Bahan-bahan pie susu bali sangat mudah begitu juga dengan cara membuatnya, namun memiliki beberapa trik. Bagian tengah pie biasanya juga ditambahkan beberapa topping seperti krim, selai, chocochips, keju, almond, dan kismis. Pie susu khas bali memiliki tekstur kering pada kulitnya, namun tetap lembut di bagian tengahnya. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep pie susu dibawah ini.

Baca Juga: Resep Pie Apple Renyah Khas Amerika

Bahan Pie Susu

  • Tepung terigu serbaguna 250 gram
  • Mentega 150 gram
  • Kuning telur 2 butir
  • Garam 18 sendok teh (sejumput)
  • Bubuk vanila 12 sendok teh

Bahan Isian:

  • Tepung maizena 2 sendok makan (larutkan dengan 50 ml air)
  • Susu kental manis 200 gram
  • Vanili 12 sendok teh
  • Kuning telur 2 butir

Cara Membuat Pie Susu

  1. Campurkan tepung terigu, kuning telur, mentega, bubuk vanila, dan sejumput garam lalu aduk hingga adonan bergerindil menggunakan garpu. Kemudian uleni adonan hingga rata.
  2. Bagi adonan menjadi masing-masing 30 gram untuk cetakan pie kecil, kemudian cetak ke dalam cetakan lalu tusuk dengan garpu agar kulit tidak mengembang saat dipanggang.
  3. Membuat isian: Siapkan wadah, masukkan susu kental manis, larutan maizena dan vanila kemudian aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan telur satu per satu sambil terus di aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata, lalu saring adonan.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan atau kulit pie secukupnya, panaskan oven terlebih dahulu.
  6. Panggang dalam oven bersuhu 170 °C selama 30-45 menit sesuaikan suhu oven masing-masing.
  7. Angkat dan sajikan Pie Susu Khas Bali.

Tips Membuat Pie Susu Khas Bali

  1. Tusuk-tusuk adonan yang sudah ada dalam cetakan menggunakan garpu agar matang merata. Adonan yang tidak ditusuk-tusuk pakai garpu akan mengembang ke atas karena tidak ada sirkulasi udara dalam cetakan, sehingga akan cepat gosong.
  2. Aduk adonan dasar kulit pie menggunakan garpu pada awalnya, sebelum akhirnya diuleni, agar menghasilkan teksur kulit pie yang renyah.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *