Resep Roti Arepa

Resep Roti Arepa Khas Kolombia

Resep Roti Arepa Khas Amerika Selatan

Arepa atau arepas adalah jenis roti yang terbuat dari adonan tepung jagung masarepa, berasal dari Amerika Selatan terutama di Kolumbia dan Venezuela. Arepa menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat lokal, biasanya disajikan bersama keju, daging segar, ayam, alpukat atau dijadikan sebagai sandwich. Resep roti arepa akan disesuaikan dengan jenis jagung, dan tambahan bahan lainnya.

Roti arepa sangat mirip dengan gordita asal Meksiko dan pupusa dari Salvador. Tekstur arepa sangat lembut di bagian dalam serta memiliki rasa jagung yang lebih ringan daripada tortilla atau tamales. Arepa menjadi salah satu pilihan menu sarapan yang sehat bagi keluarga di rumah, karena terbuat dari bahan yang cukup mudah ditemukan dan proses memasak yang mudah.

Baca Juga: Resep Cornbread Original – Roti Jagung yang Sehat dan Kaya Nutrisi

Bahan-bahan Arepa

  • Tepung jagung 450 gram
  • Mentega 4 sendok makan (lelehkan)
  • Buttermilk 110 ml
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula 12 sendok teh
  • Tepung terigu 2 sendok makan
  • Air hangat 400 ml

Cara Membuat Roti Arepa Khas Amerika Selatan

  1. Siapkan wadah besar, masukkan tepung jagung, tepung terigu, gula dan garam, kemudian tambahkan 300 ml air hangat, mentega cair dan buttermilk, aduk remas hingga adonan rata dan halus.
  2. Tutup adonan selama 10 menit, jika adonan terasa masih kering tambahkan sedikit air hangat.
  3. Uleni adonan dan biarkan selama 5 menit, adonan harus cukup basah, uleni adonan hingga kalis dan biarkan lagi selama 5 menit.
  4. Ambil adonan, bentuk menggunakan tangan menjadi bulat seperti pancake janggan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis.
  5. Panaskan sedikit minyak dalam wajan datar atau teflon, letakkan arepa ke dalam wajan, kecilkan api menjadi sedang cenderung rendah.
  6. Masak arepa sekitar 3-4 menit di setiap sisi hingga matang berwarna cokelat.
  7. Angkat dan Roti Arepa Original siap disajikan hangat.

Tips Membuat Roti Arepa

Basahi tangan dengan air saat membentuk adonan roti, agar tidak lengket. Tambahkan beberapa isian sesuai selera, seperti telur kemudian goreng kembali selama beberapa menit.

Jadikan roti arepa menjadi sandwich dengan memotongnya menjadi dua dan mengisinya dengan salad telur atau campuran alpukat dan ayam.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *