Resep Roti Bagel

Resep Roti Bagel
Resep Roti Bagel

Cara Membuat Roti Bagel Sederhana

Roti Bagel merupakan salah satu jenis roti berbentuk cincin seukuran telapak tangan yang mirip dengan donat. Namun bagel dan donat sangat berbeda walaupun keduanya memiliki bentuk yang mirip. Sejak dahulu bagel sering dibelah menjadi dua dan dibuat sandwich. Sebelum membaca resep roti bagel sederhana, ada beberapa jenis bagel yang perlu di ketahui.

Jenis bagel yang umum dijumpai ada dua. Bagel khas Montreal dicampur malt dan telur tetapi tanpa garam, direbus di dalam air bercampur madu dan dipanggang menggunakan oven berbahan bakar kayu. Sedangkan bagel khas New York di panggang di dalam oven biasa dan tanpa garam. Hingga saat ini bagel berkembang menjadi berbagai macam variasi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Bougatsa – Pastry Renyah Khas Yunani

Bahan-bahan Resep Roti Bagel

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Ragi instan 2 sendok teh
  • Air hangat 350 ml
  • Minyak sayur 1 sendok makan
  • Garam 12 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Wijen hitam untuk taburan 2 sendok makan
  • Air untuk merebus 1 liter

Cara Membuat Roti Bagel

  1. Campur tepung, gula dan ragi instan di dalam wadah, kemudian aduk hingga merata.
  2. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil uleni adonan, kemudian masukkan minyak sayur dan garam. Lanjutkan dengan menguleni adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Setelah kalis, bentuk adonan menjadi bulat, lalu tutup wadah menggunakan kain basah. Istirahatkan selama 30 menit.
  4. Kempiskan adonan yang mengembang, kemudian uleni sebentar saja.
  5. Bagi adonan menjadi kecil, masing-masing 80 gram, bulatkan. Diamkan kembali selama 15 menit.
  6. Didihkan air 1 liter, masukkan soda kue ke dalam air, sisihkan.
  7. Ambil adonan kemudian buat lubang di tengahnya. Rebus adonan dalam air yang mendidih selama 1 menit di setiap sisinya. Angkat dan tiriskan. Ulangi perebusan hingga semua adonan telah direbus.
  8. Siapkan loyang yang telah di oles margarin tipis-tipis. Taruh bagel di atas loyang dan beri taburan wijen hitam. Bisa juga menggunakan taburan biji bunga matahari, bacon, keju, buah zaitun atau bawang bombay (sesuai selera anda).
  9. Panggang bagel dengan suhu 180 °C selama 30-40 menit hingga matang.
  10. Angkat dan siap disajikan.

Tips: Saat menguleni adonan, beri sedikit teping agar tidak terlalu lengket, Namun jangan terlalu banyak, sebab bagel akan menjadi keras.

Perhatikan saat proses perebusan, jika terlalu lama merebus, bagian luarnya akan tebal dan bagian dalamnya menjadi terlalu padat.

Cara Menyimpan dan Menghangatkan Roti Bagel

Cara terbaik menyimpan Bagel adalah membungkusnya dalam bungkus plastik (plastic wrap) satu per satu agar tidak kering. Setelah itu bisa di simpan di bagian freezer lemari pendingin supaya lebih awet.

Ketika akan di konsumsi, diamkan terlebih dahulu pada suhu ruang, kemudian baru di panaskan dalam oven. Ketika bagel terasa masih keras, celupkan sebentar ke dalam air matang sebelum di panaskan dalam oven.

Apabila ingin menyimpan adonan mentah bagel, sejajarkan adonan bagel dalam loyang sebelum di masukkan ke freezer. Setelah beku, bungkus bagel satu persatu dengan bungkus plastik.

Roti Bagel akan menjadi sajian akhir pekan yang lezat. Anda bisa siapkan beberapa jenis topping, seperti krim keju, coklat, kismis, bahkan lox (salmon fillet).

Selamat Mencoba !!!