Resep Roti Baguette

Resep Roti Baguette

Resep Roti Baguette

Roti Baguette adalah roti klasik berbentuk panjang dan berukuran besar yang berasal dari Prancis. Tekstur luarnya keras dan renyah, tetapi bagian dalamnya putih dan lembut. Sesuai dengan bentuk roti ini, kata Baguette secara sederhana berarti tongkat atau batang. Baguette pertama kali tercatat sebagai jenis roti pada tahun 1920 dan menjadi simbol budaya Prancis. Resep Roti Baguette ini menghasilkan roti khas Prancis yang nikmat. Bisa disajikan dengan mentega untuk membuat Garlic Bread, Sandwich atau Egg Benedict.

Bahan-bahan Roti Baguette

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Ragi instan 5 gram
  • Air hangat 300 ml
  • Garam 1 sendok teh
  • Air dalam wadah spray secukupnya

Cara Membuat Roti Baguette

  1. Campur tepung terigu, ragi instan dan garam di wadah, kemudian aduk secara merata. Masukkan air sedikit demi sedikit kemudian uleni adonan hingga kalis dan menyatu semua bahan-bahannya.
  2. Pindahkan adonan ke dalam wadah yang lebih besar, kemudian tutup dengan kain basah. Diamkan adonan selama 60 menit.
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 5 bagian, kemudian bulatkan adonan. Istirahatkan lagi adonan selama 15 menit.
  4. Taburkan tepung terigu secukupnya di atas meja datar yang bersih. Taruh adonan roti di atas meja, kemudian kempiskan. Lipat kedua sisinya ke tengah, lalu gulung adonan berlawanan dengan lipatan, hingga berbentuk oval memanjang. Catatan: Jika ingin roti yang lebih panjang, taburi sedikit tepung kemudian gulung adonan.
  5. Istirahatkan adonan sampai mengembang selama 40 menit.
  6. Gurat permukaan atas roti menggunakan pisau tajam, kemudian taburi bagian atas secara tipis dengan tepung terigu.
  7. Panggang menggunakan oven yang sudah di hangatkan sebelumnya dengan suhu 200 °C selama 30 menit. Tips: Pada 10 menit pertama, buka oven lalu semprot dengan sedikit air. Ulangi hal ini 10 menit berikutnya. Tunggu hingga roti matang kecoklatan.
  8. Roti Baguette siap disajikan.

Roti Baguette di Prancis akan disajikan polos tanpa mentega, selai, atau olesan apapun. Tetapi, anak-anak akan lebih suka jika potong menjadi bagian kecil dan diolesi mentega asin atau selai coklat. Namun, di dapur Anda sendiri jangan ragu untuk menikmati baguette sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga: Resep Fougasse – Roti Klasik dari Prancis

Cara Menyimpan Roti Baguette

Jika disimpan dengan benar, baguette akan tetap bertahan dalam keadaan baik dan segar selama 2 hari. Namun baguette akan lebih baik jika di konsumsi dalam waktu 24 jam, terutama jika sudah terpotong. Lapisan luar yang keras akan melindungi bagian dalam rati agar tidak mengering.

Tips: Simpanlah baguette pada suhu kamar, lapisi dengan kertas roti, bukan plastik. Sebaiknya simpan baguette utuh/belum terpotong agar bertahan lebih lama.

Untuk memanasi kembali roti baguette, bisa dengan mengolesi dengan sedikit air, kemudia bungkus rapat dengan kertas timah (alumunium foil), lalu masukkan kedalam oven (oven jangan dipanaskan terlebih dahulu). Atur suhu pada suhu 300 °C panggang selama 10 menit.

Bagikan ke teman-teman jika anda suka!

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *