Resep Roti Bammy Khas Jamaika

Resep Bammy Roti Singkong Khas Jamaika
Resep Bammy Roti Singkong Khas Jamaika

Resep Roti Bammy – Roti Singkong Khas Jamaika

Bammy adalah roti tradisional negara Jamaika berbentuk datar dan tebal (flatbread) yang terbuat dari tepung singkong sebagai bahan utamanya. Roti ini sangat mirip dengan roti casabe atau roti yuca, hanya saja bammy lebih tebal. Cara membuat resep roti bammy sedikit unik yaitu dengan cara merendam adonan ke dalam santan kemudian dimasak dengan cara goreng, kukus atau panggang.

Masyarakat Jamaika biasa menikmati roti bammy bersama ikan goreng, ikan asin, alpukat, atau lauk lainnya. Bammies juga sama seperti tortilla, roti gandum atau roti canai, yaitu akan disajikan setiap kali akan makan (main course) atau sebagai camilan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Roti Maryam / Canai 

Bahan-bahan Roti Bammy

  • Tepung singkong 750 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 375 ml
  • Santan 400 ml
  • Minyak sayur 2 sendok makan

Cara Membuat Bammy (Cassava Flatbread)

  1. Campurkan tepung singkong dan garam di dalam wadah besar, aduk menggunakan sendok kayu hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambik di aduk perlahan hingga menjadi adonan yang kaku dan kering, tutup adonan menggunakan kain bersih yang lembab, sisihkan selama 30 menit.
  3. Bagi adonan menjadi masing masing 250 gram atau sesuai selera, kemudian bulatkan adonan. Gilas adonan menggunakan rolling pin di atas meja yang sudah ditaburi tepung singkong tipis-tipis, gilas hingga memiliki ketebalan satu centimeter dan diameter 10 centimeter.
  4. Panaskan minyak di dalam wajan, goreng adonan menggunakan api sedang, goreng hingga berwarna sedikit kecokelatan, balik adonan hingga matang di kedua sisi.
  5. Angkat bammy dari wajan lalu pindahkan ke dalam loyang atau nampan dangkal, kemudian tuang santan ke atas bammy, dan biarkan terendam selama 10 menit.
  6. Masukkan kembali bammy ke dalam wajan, masak dengan api sedang selama 3 menit hingga berubah warna menjadi cokelat gelap.
  7. Sajikan Roti Bammy / Cassava Flat Bread Khas Jamaika selagi hangat.

Tips Membuat Roti Bammy

Selain menggunakan cara steam-frying atau cara di goreng, proses yang bisa di lakukan adalah melalui di kukus, atau di panggang. Jika ingin memanggangnya, olesi mentega di setiap sisi adonan, kemudian panggan selama 15 menit dengan suhu 180 °C.

Selamat Mencoba !!!