Resep Roti Bolen Pisang Original

Resep Roti Bolen Pisang Original

Resep Roti Bolen Pisang

Bolen adalah roti khas indonesia yang memiliki beberapa lapisan renyah seperti croissant dan berisi pisang, keju, cokelat dan lainnya. Roti bolen pisang mulai diperkenalkan di Indonesia melalui salah satu toko kue di Bandung yang terpengaruh dari pastry dari Eropa. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep roti bolen tidaklah sulit, bahkan bisa menggunakan kulit pastry frozen siap pakai.

Salah satu resep pastry asal Belanda yang berkembang menjadi roti bolen saat ini memiliki beberapa ide variasi isian selain pisang antara lain durian, apel, tape, kacang hijau, getuk dan lain sebagainya. Perpaduan tekstur pastry yang lembut dengan isian pisang yang manis dengan nikmatnya cokelat atau keju membuat roti bolen menjadi salah satu oleh-oleh populer saat berkunjung di Bandung.

Tidak perlu repot-repot ke Bandung untuk bisa menikmatinya, Anda bisa membuatnya dengan bahan sederhana dan proses yang mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Croissant Pastry Prancis yang Lembut dan Gurih

Bahan Bolen Pisang Original

Bahan A

  • Tepung terigu protein sedang 100 gram
  • Margarin 75 gram
  • Minyak sayur 1 sendok makan

Bahan B

  • Tepung terigu protein tinggi 200 gram
  • Margarin 75 gram
  • Gula halus 50 gram
  • Air 80 ml

Bahan Isian

  • Pisang tanduk ukuran besar 1 buah (potong-potong)

Bahan Olesan (aduk rata)

  • Madu 1 sendok makan
  • Margarin 12 sendok makan
  • Kuning telur 1 butir

Cara Membuat Roti Bolen

  1. Tumis pisang tanduk yang sudah dipotong dengan sedikit margarin hingga warna kekuningan, sisihkan.
  2. Campurkan bahan A yaitu tepung terigu protein sedang, margarin, dan minyak sayur lalu uleni hingga adonan kalis. Setelah adonan kalis, tutup adonan menggunakan plastik wrap dan istirahatkan selama 20 menit di dalam kulkas.
  3. Siapkan wadah lain, campurkan bahan B yaitu, tepung terigu protein tinggi, gula halus, margarin dan air kemudian uleni hingga kalis. Setelah kalis tutup dengan plastik wrap, diamkan selama 20 menit pada suhu ruang.
  4. Bagi adonan A dan adonan B menjadi 12 bagian sama rata atau sesuai selera.
  5. Pipihkan adonan B, letakkan adonan A di atasnya lalu tutup dan bulatkan, lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Ambil satu adonan, gilas memanjang, gulung lalu gilas memanjang dan gulung lagi. Lakukan pada masing-masing adonan hingga semua adonan habis.
  7. Gilas adonan untuk terakhir kalinya lalu beri isian pisang (tambahkan cokelat atau keju sesuai selera) lalu tutup dan lipat.
  8. Taruh adonan bolen di atas loyang yang sudah di olesi margarin tipis-tipis. Olesi permukaan adonan dengan bahan olesan yang sudah di aduk rata (sisakan bahan olesan).
  9. Panggang dalam oven bersuhu 160 °C selama 20 menit, lalu keluarkan loyang dari dalam oven, olesi lagi dengan bahan olesan.
  10. Panggang kembali dengan api bawah selama 20 menit lalu dengan api atas selama 10 menit hingga matang berwarna cokelat keemasan.
  11. Angkat dan Roti Bolen Pisang Original siap untuk disajikan.

Tips Membuat Roti Bolen Pisang

Alternatif jenis pisang yang bisa digunakan antata lain pisang raja (barangan) atau pisang kepok, untuk variasi isian bisa menambahkan cokelat potong atau meises serta parutan keju cheddar sebagai topping.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *