Resep Roti Kacang Arab a.k.a Chickpea Bread

Resep Chickpea Bread - Roti Kacang Arab

Resep Roti Kacang Arab Khas Turki

Chickpea Bread atau Roti Kacang Arab adalah roti yang berasal dari Albania dan Turki, terbuat dari tepung kacang arab dan campuran air dan ragi yang biasanya akan dibiarkan semalaman. Resep roti Kacang arab layak untuk dicoba, selain terbuat dari bahan yang sehat, chickpea bread bebas dari gluten.

Kali ini jessica bakery akan memberikan resep tanpa menggunakan ragi, namun menggunakan baking soda. Hal ini akan mempersingkat waktu dari pada menggunakan ragi yang direndam semalaman, selain itu juga aman bagi yang alergi ragi.

Soda kue merupakan bahan yang dikhawatirkan akan membuat roti menjadi pahit, namun berbeda jika soda kue diaktifkan penuh menggunakan bahan asam seperti jus lemon atau cuka. Atau gunakan baking powder sebagai gantinya, tanpa tambahan cuka.

Baca Juga: Resep Roti Soda Khas Irlandia (roti tanpa ragi yang sehat)

Bahan Roti Kacang Arab

  • Tepung kacang arab 340 gram
  • Air soda 400 ml
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Cuka 1 sendok makan (segala jenis cuka)
  • Minyak zaitun 2 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Chickpea Bread

  1. Siapkan wadah, masukkan soda kue dan cuka lalu aduk hingga berbusa.
  2. Tambahkan air soda, gula, garam dan minyak zaitun, aduk rata.
  3. Masukkan tepung kacang arab sedikit demi sedikit sambil terus di aduk hingga adonan mencapai konsistensi agak kental.
  4. Siapkan loyang diameter 24 centimeter dan olesi margarin tipis-tipis.
  5. Panaskan oven terlebih dahulu kemudian tuang adonan ke dalam loyang.
  6. Panggang dalam oven pada suhu 190 °C hingga matang.
  7. Cek tingkat kematangan dengan cara menusukkan tusuk gigi ke dalam roti, angkat dan Chickpea Bread / Roti Kacang Arab Khas Turki siap disajikan.

Tips Membuat Roti Kacang Arab

Selain mendapatkan tepung kacang arab dari toko, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara membuat tepung kacang arab: Haluskan kacang arab menggunakan penggiling kopi/bumbu atau blender dengan kecepatan tinggi hingga menjadi bubuk halus.

Kemudian saring atau ayak tepung agar terpisah dengan gumpalan yang besar, setelah itu simpan langsung ke dalam wadah kedap udara, tepung ini akan bertahan hingga dua bulan.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *