Resep Roti Korean Garlic Bread

Korean Garlic Cheese Bread
Korean Garlic Cheese Bread

Resep Korean Garlic Cheese Bread

Jajanan Street Food Korea yang kini populer di Indonesia salah satunya adalah Korean Garlic Cheese Bread atau roti keju bawang. Dari segi tampilannya, roti ini mempunyai bentuk bulat dengan bagian atas yang terbelah menjadi enam bagian tetapi tidak putus atau menyerupai bunga yang setengah mekar. Terdapat bahan taburan parsley pada resep korean garlic membuat aroma roti ini gurih dan khas.

Penjual Korean Garlic Cheese Bread asli dari Korea mengatakan bahwa semua sisi roti terlumuri saus bawang putih. Tekstur roti ini renyah di luar namun tetap lembut di dalam. Sekarang banyak yang menjual roti ini, tetapi jika ingin membuat sendiri dirumah berikut ini resepnya.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Cheesecake Kue Keju Super Lembut

Bahan Roti Keju Bawang Korea

Bahan Roti:

  • Tepung terigu protein tinggi 260 gram
  • Ragi instan 4 gram
  • Gula pasir 30 gram
  • Garam 2 gram
  • Susu cair 180 ml
  • Butter 30 gram
  • Telur 1 butir

Bahan Cream Cheese:

  • Cream cheese 200 gram
  • Whipping cream cair 50 gram
  • Gula halus 20 gram

Bahan Garlic Sauce:

  • Bawang putih 30 gram (cincang halus)
  • Susu kental manis 30 gram
  • Mentega tawar 120 gram
  • Madu 15 gram
  • Telur 1 butir
  • Parsley kering 2 gram

Cara Membuat Korean Garlic Bread

  1. Campurkan tepung terigu, ragi, dan gula pasir kemudian aduk rata. Masukkan susu dan telur yang sudah dicampur sebelumnya. Uleni hingga semua bahan menyatu.
  2. Masukkan butter dan garam, lalu uleni hingga benar-benar kalis dan elastis.
  3. Bagi adonan menjadi 8 atau 10 atau sesuai selera, kemudian bulatkan masing-masing adonan.
  4. Siapkan loyang yang sudah di alasi kertas roti dan diolesi margarin. Taruh dan tata adonan di atas loyang, diamkan selama 50 menit hingga adonan mengembang.
  5. Setelah mengembang, panggana pada suhu 180 °C selama 20 menit hingga matang. Keluarkan dari oven, dinginkan.
  6. Campurkan semua bahan cream cheese, aduk rata, masukkan kedalam piping bag atau plastik segitiga.
  7. Belah roti menjadi 6 bagian kemudian isi belahan roti dengan cream cheese, sisihkan.
  8. Membuat Garlic Sauce: Lelehkan unsalted butter sampai mencair, tambahkan bawang putih cincang, susu kental manis, madu, parsley dan telur, aduk rata.
  9. Celupkan roti isi cream cheese ke dalam garlic sauce sampai rata.
  10. Panggang pada suhu 160 °C selama 20 menit atau hingga permukaan roti sudah kering. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Tips: Jika ingin menggunakan roti siap saji, gunakan roti yang keras dan sebaiknya tidak menggunakan roti manis karena rasa akan kurang pas, sehingga saat dinikmati tekstur garlic bread akan tetap terasa.

Saat akan membelah roti, pastikan roti benar-benar dalam keadaan dingin agar hasil irisan rapi.

Korean Garlic Cheese Bread akan terasa nikmat jika dihidangkan bersama teh hangat di sore hari sambil menonton drama korea.

Selamat Mencoba !!!

resep pandan chiffon cake,cara membuat kue muffin,dessert khas korea,komposisi roti tawar,pie apple,suhu oven listrik untuk kue bolu,menu masakan untuk arisan keluarga,fungsi cream of tartar,menu makanan untuk sehari hari,sea food,aneka kue bolu panggang,aneka resep olahan roti tawar,resep pisang keju crispy,masakan taiwan,cara membuat kwetiau,kue putu bambu,kue sisir,olahan oatmeal untuk diet,membuat bakpao,sapi lada hitam,kue jahe,cara membuat terang bulan teflon,resep potato cheese,resep makanan khas ambon,resep bread talk,kue khas manado,bahan kue sus,resep kue bika ambon medan,resep onde onde gula merah,krengsengan kambing,bakpia kacang ijo,menu makanan untuk arisan,bahan untuk mengembangkan kue,cara bikin kue dorayaki,apa itu heavy cream,mooncake,menu makanan untuk arisan keluarga,makanan cireng,resep bika ambon,resep lidah kucing renyah,menu arisan keluarga sederhana,menu arisan murah meriah,bahan kue bika ambon,cara membuat muffin,resep pastry and bakery,cara membuat kue cupcake,membuat ayam goreng,menu arisan praktis,cara menggunakan oven listrik kirin,cara bikin bolu karamel