Resep Roti Marraquetta

Resep Roti Marraqueta Original Chile

Resep Marraqueta Roti Renyah Khas Chili

Marraqueta adalah roti yang menjadi ikon nasional serta simbol keahlian memasak dari negara Chili, roti ini memiliki crust renyah dengan isian yang lembut dan ringan. Roti Marraqueta sangat populer di beberapa negara di Amerika Selatan, bahkan hingga Portugal dan Hongkong. Adonan dasar resep roti marraqueta terdiri dari tepung terigu, garam, air dan ragi. Bentuknya berupa sepotong roti yang terbelah menjadi empat bagian kecil namun masih saling terhubung di lapisan dasar roti yang tipis.

Roti Marraqueta mulai datang di Chili pada awal abad ke-19 berkat sepasang saudara dari Prancis yang bernama Marraqueta. Jika Anda sedang mencari ide resep roti yang unik, Chilean Marraqueta bisa Anda coba untuk membuatnya, cara menyiapkannya tidak terlalu sulit serta hanya menggunakan 5 bahan saja, yuk simak resepnya.

Baca Juga: Resep Roti Bagel Yang Populer

Bahan Roti Marraqueta

  • Tepung terigu serbaguna 500 gram
  • Gula merah 5 gram
  • Ragi instan 4 gram
  • Garam 12 gram
  • Air dingin 300 ml

Cara Membuat Roti Marraqueta

  1. Campurkan tepung terigu, air dan gula dalam wadah besar kemudian aduk menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  2. Pindahkan adonan ke dalam wadah yang sudah di olesi minyak tipis-tipis, lalu tutup menggunakan plastik wrap dan istirahatkan selama minimal 3 jam (hasil terbaik diamkan semalaman).
  3. Tambahkan ragi dan garam kemudian aduk menggunakan mixer dengan tongkat spiral selama 20 menit dengan kecepatan sedang cenderung ke rendah.
  4. Pindahkan lagi ke wadah yang sudah di olesi minyak, tutup dengan plastik dan istirahatkan selama 2 jam.
  5. Taburi sedikit tepung di permukaan adonan lalu uleni adonan untuk menghilangkan gelembung udara lalu istirahatkan kembali hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  6. Uleni adonan sebentar dengan menaburi sedikit tepung pada permukaan adonan, bagi adonan menjadi masing-masing 100 gram lalu bentuk bulat bola.
  7. Letakkan adonan di atas loyang yang sudah diolesi mentega dengan cara meletakkan 2 adonan saling bersentuhan, kemudian gerat tanpa memotong adonan sepenuhnya menggunakan sendok kayu sehingga membuat seolah menjadi 4 bagian.
  8. Lakukan hingga adonan habis, tutup dan biarkan mengembang selama satu jam.
  9. Panaskan oven terlebih dahulu, letakkan nampan berisi air mendidih ke dalam oven, lalu panggang pada suhu 200 °C selama 15-20 menit hingga matang berwarna cokelat keemasan.
  10. Roti Chilean Marraqueta Original siap untuk disajikan.

Tips Membuat Roti Marraqueta

Masukkan nampan atau panci berisi air panas ke dalam oven agar menghasilkan uap yang akan membuat roti marraqueta menjadi renyah di luar dan lembut di dalam.

Lakukan proses proffing sebanyak 3 hingga 5 kali untuk hasil yang tebaik. Jangan lupa panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *