Resep Roti Maryam

Resep Roti Canai
Resep Roti Canai

Resep Roti Maryam / Canai

Roti Maryam atau juga bisa disebut dengan roti canai, roti cane, roti prata merupakan salah satu jenis roti pipih (flatbread) yang konon berasal dari kota Chennai di India. Bentuk dan resep roti maryam mirip dengan kerala porotta yang berasal dari India. Masyarakat Singapura menyebut roti ini dengan sebutan roti prata, sedangkan orang Eropa menyebutnya flying bread.

Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan menebarkan sedikit adonan kemudian diputar dan dilipat di atas panggangan menggunakan sedikit minyak. Di Indonesia sendiri variasi aslinya roti maryam di hidangkan dengan kari kambing atau kari domba. Ada dua versi roti maryam yaitu, manis dan gurih.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Roti Pita Khas Timur Tengah

Bahan Roti Maryam

  • Tepung terigu serbaguna 500 gram
  • Susu bubuk 25 gram
  • Telur 1 butir
  • Garam 12 sendok teh
  • Kuning telur 1 butir
  • Minyak goreng 100 ml
  • Air hangat 200 ml
  • Margarin 200 gram (olesan)

Cara Membuat Roti Maryam Sederhana

  1. Siapkan wadah, masukkan telur, minyak goreng dan air hangat, aduk rata.
  2. Masukkan tepung terigu serbaguna, susu bubuk, dan garam, aduk dan uleni hingga benar-benar kalis.
  3. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng tipis-tipis. Bagi Adonan menjadi 10 bagian sama rata atau sesuai selera, kemudian bulatkan.
  4. Taruh adonan ke dalam loyang lalu olesi menggunakan minyak goreng agar permukaannya tidak kering. Tutup loyang menggunakan plastik wrap atau kain basah, istirahatkan selama satu jam.
  5. Ambil satu adonan lalu pipihkan dengan cara ditekan-tekan, olesi permukaan adonan dengan margarin. Gulung adonan menjadi bentuk bulat memanjang, tarik tiap ujungnya dan buat melingkar saling berlawanan seperti huruf S. Tumpuk kedua bagian yang melingkar tadi, pipihkan dengan cara di tekan dengan telapak tangan.
  6. Panaskan teflon atau wajan datar anti lengket, panggang roti maryam hingga berwarna kecoklatan di kedua sisinya.
  7. Angkat dan sajikan.

Tips: Panggang roti maryam setengah matang jika ingin menyimpannya ke dalam freezer. Simpan roti maryam ke dalam wadah kedap udara yang sudah di beri alas kertas roti, lalu masukkan kedalam freezer agar maryam bertahan hingga 2 minggu.

Sajikan roti maryam selagi hangat, karena teksturnya masih lembut dan empuk, untuk variasi manisnya Anda bisa memberikan topping susu kental manis, meises, atau parutan keju.

Selamat Mencoba !!!

resep pandan chiffon cake,cara membuat kue muffin,dessert khas korea,komposisi roti tawar,pie apple,suhu oven listrik untuk kue bolu,menu masakan untuk arisan keluarga,fungsi cream of tartar,menu makanan untuk sehari hari,sea food,aneka kue bolu panggang,aneka resep olahan roti tawar,resep pisang keju crispy,masakan taiwan,cara membuat kwetiau,kue putu bambu,kue sisir,olahan oatmeal untuk diet,membuat bakpao,sapi lada hitam,kue jahe,cara membuat terang bulan teflon,resep potato cheese,resep makanan khas ambon,resep bread talk,kue khas manado,bahan kue sus,resep kue bika ambon medan,resep onde onde gula merah,krengsengan kambing,bakpia kacang ijo,menu makanan untuk arisan,bahan untuk mengembangkan kue,cara bikin kue dorayaki,apa itu heavy cream,mooncake,menu makanan untuk arisan keluarga,makanan cireng,resep bika ambon,resep lidah kucing renyah,menu arisan keluarga sederhana,menu arisan murah meriah,bahan kue bika ambon,cara membuat muffin,resep pastry and bakery,cara membuat kue cupcake,membuat ayam goreng,menu arisan praktis,cara menggunakan oven listrik kirin,cara bikin bolu karamel