Resep Roti Semla – Dessert Manis Khas Swedia

Resep Semla - Dessert Khas Swedia
Resep Semla - Dessert Khas Swedia

Resep Roti Semla Khas Swedia

Semla atau semlor adalah salah satu roti khas Swedia yang mirip dengan kue sus karena menggunakan krim di bagian tengah roti, namun resep semla lebih kompleks dari kue sus. Bun dari semla akan dibelah bagian atasnya kemudian berisi pasta almond dengan tutup whipped cream. Bagian atas irisan digunakan untuk menutup krim dan bertabur gula halus yang membuat rasa menjadi lebih manis. Permukaan luar roti semla sedikit kering, namun lembut di bagian dalam, dengan aroma khas bubuk kapulaga menjadikan roti ini spesial.

Dahulu semla hanya ada pada perayaan Fettisdag (Fat Tuesday) atau saat menjalankan ibadah pra paskah, namun pergeseran terjadi pada zaman modern saat ini. Semla sudah tersedia di beberapa toko bakery. Variasi bentuk dan rasa juga semakin banyak, roti ini biasanya disantap bersama dengan susu hangat. Tidak perlu jauh-jauh ke Swedia, atau bagi yang kangen dengan roti ini, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti resep roti semla berikut ini.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Resep Roti Gandum Hitam Khas Swedia (Limpa Bread)

Bahan-bahan Roti Semla

  • Tepung terigu serbaguna 1000 gram
  • Mentega 150 gram
  • Susu cair 1100 ml
  • Fermipan 11 gram (satu bungkus)
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Garam 12 sendok teh
  • Bubuk kapulaga 2 sendok makan

Bahan Isian:

  • Kacang almond 350 gram (tanpa kulit)
  • Gula pasir 250 gram
  • Putih telur 1 butir
  • Air 2 sendok teh

Cara Membuat Semla – Dessert Khas Swedia

  1. Cara Membuat Isian: Campurkan kacang almond, gula pasir, putih telur, dan air dalam, kemudian blender semua bahan, sisihkan.
  2. Siapkan wadah besar, masukkan tepung terigu, garam dan fermipan, aduk rata hingga semua bahan tercampur rata, sisihkan.
  3. Panaskan susu cair, tambahkan mentega, gula pasir, dan bubuk kapulaga, aduk hingga gula larut dan jangan sampai mendidih.
  4. Tuang campuran susu ke dalam adonan tepung, aduk rata dan uleni hingga kalis dan halus, bulatkan adonan lalu diamkan adonan hingga mengembang 2 kali lipat.
  5. Ambil adonan lalu kempiskan dan bagi adonan menjadi sebesar kepalan tangan bagian atau sesuai selera.
  6. Panaskan oven terlebih dahulu, taruh adonan di dalam loyang yang sudah beralaskan kertas roti.
  7. Panggang dalam oven selama 10 menit dengan suhu 200 °C sesuaikan suhu oven masing-masing.
  8. Angkat lalu dinginkan, ambil bun kemudian belah menjadi dua bagian, isi dengan bahan isian, tutup dengan sisa potongan roti bagian atas.
  9. Taburi dengan gula halus dan Semla nikmat khas Swedia siap untuk dihidangkan.

Tips Membuat Semla 

Pastikan fermipan yang digunakan masih dalam kadaan aktif dengan cara melihat tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan.

Sesuaikan suhu oven masing-masing saat memanggang, cek tingkat kematangan secara berkala.

Selamat Mencoba !!!