Resep Roti Sisir Mentega

Resep Roti Sisir Mentega
Resep Roti Sisir Mentega

Resep Roti Sisir Mentega

Roti Sisir tentu tidak asing bagi penggemar roti, jenis roti yang mirip dengan roti tawar namun memiliki cita rasa manis dan gurih yang berasal dari mentega yang di oleskan di setiap sisinya. Terdapat banyak variasi resep roti saat ini, namun resep roti sisir mentega adalah pilihan praktis dan tepat yang bisa Anda coba untuk menu sarapan atau sebagai kudapan di sore hari.

Proses pembuatan yang sederhana dan tidak memerlukan waktu lama membuat Roti Sisir Mentega yang lezat dan menggugah selera bisa menghemat waktu bagi Anda yang memiliki kegiatan yang padat.

Bacaan Lainnya

Walaupun banyak sekali kita temukan Roti Manis ini di pasaran, namun alangkah baiknya jika kita membuatnya sendiri di rumah, yang tentunya bebas pengawet, pewarna dan lebih sehat.

Baca Juga: Resep Roti Bakar ala Prancis – French Toast

Bahan Roti Sisir Mentega Premium

  • Tepung terigu protein tinggi 300 gram
  • Mentega 2 sendok makan
  • Susu cair 150 ml
  • Susu bubuk 2 sendok makan
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Kuning telur 1 butir
  • Garam 14 sendok teh

Bahan Biang Ragi Roti Sisir:

  • Ragi fermipan 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Air hangat 50 ml

Cara Membuat Roti Sisir Lembut

  1. Cara Membuat Biang Ragi: Campurkan ragi fermipan, gula pasir dan air hangat ke dalam wadah, aduk rata lalu diamkan hingga mengembang.
  2. Siapkan wadah lain, masukkan tepung terigu, kuning telur, gula dan susu bubuk lalu aduk rata, kemudian tuang bahan biang dan aduk kembali hingga rata.
  3. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Bulatkan adonan kemudian tutup menggunakan plastik atau kain hingga mengembang.
  4. Kempiskan adonan kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian. Gilas adonan kemudian bulatkan menjadi pipih.
  5. Siapkan loyang panjang yang sudah diolesi menggunakan margarin. taruh dan tata tiap adonan di dalam loyang, diamkan selama 30 menit sampai mengembang.
  6. Panaskan oven terlebih dahulu, olesi permukaan adonan dengan kuning telur atau margarin, lalu panggang dengan suhu 170 °C hingga matang.
  7. Keluarkan dari oven, biarkan dingin lalu keluarkan dari loyang, potong-potong dan olesi menggunakan mentega.
  8. Roti Sisir Mentega siap disajikan.

Tips Membuat Roti Sisir Mentega

Anda juga bisa mengkreasikan roti sisi dengan rasa pandan, moka, atau cokelat dengan menambahkan bahan pasta ke dalam adonan. Sesuaikan dengan oven masing-masing saat proses pemanggangan.

Selamat Mencoba !!!

Pos terkait