Resep Roti Telera – Mexican Bread

Resep Telera - Mexican Bread

Resep Roti Telera Khas Mexico

Telera adalah roti putih khas Mexico yang terbuat dari tepung terigu, ragi, air dan garam. Roti ini biasa digunakan untuk membuat sandwich khas Mexico yang berbentuk oval dengan dua potongan memanjang di bagian atas roti. Tekstur roti yang lembut dan padat di bagian dalam membuat roti ini cocok untuk sandwich, khususnya Torta. Resep roti telera sangatlah mudah, mirip dengan resep roti pada umumnya, penambahan bahan susu akan membuat roti menjadi lebih lembut.

Telera Bread Rolls menjadi salah satu pilihan roti sandwich untuk menu sarapan keluarga, dengan menggunakan isian ham panggang, keju, maupun bacon dan telur. Metode pembuatan yang cukup simpel dan bahan yang mudah, layak untuk Anda coba membuatnya sendiri di rumah.

Baca Juga: Cara Membuat Roti Manis Mexico – Concha Pan Dulce

Bahan Roti Telera

  • Tepung terigu protein sedang 500 gram
  • Susu cair 250 ml (suhu ruang)
  • Ragi kering 11 gram (satu bungkus)
  • Garam 10 gram
  • Gula 1 sendok teh
  • Mentega putih 25 gram (shortening)
  • Air hangat 250 ml

Cara Membuat Telera Bread For Sandwich

  1. Campur tepung terigu, ragi, garam dan gula dalam wadah besar, aduk rata. Tuang air hangat, susu dan mentega putih lalu aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata, istirahatkan sebentar.
  2. Uleni adonan menggunakan spatula karet hingga halus, bulatkan adonan kemudian masukkan ke dalam mangkuk besar yang sudah diolesi minyak. Tutup mangkuk dengan kain atau plastik, lalu istirahatkan selama satu jam hingga mengembang dua kali lipat.
  3. Ambil adonan, gilas di atas meja datar yang sudah di taburi tepung tipis-tipis. Potong adonan mejadi 8 bagian sama rata menggunakan scraper.
  4. Bulatkan masing-masing adonan, biarkan selama 20 menit. Siapkan loyang yang sudah di olesi mentega, taruh adonan ke dalam loyang, biarkan mengembang selama satu jam.
  5. Buat tiga lekukan di atas adonan menggunakan scraper hingga hampir dasar adonan, tetapi jangan sampai terpotong. Tempatkan loyang di tempat yang hangat dan biarkan mengembang selama satu jam.
  6. Panaskan oven pada suhu 200 °C, semprot adonan menggunakan air secukupnya, kemudian panggang selama 15 menit hingga matang berwarna keemasan.
  7. Angkat lalu dinginkan terlebih dahulu, sajikan Telera Bread dengan isian sesuai selera.

Tips Membuat Telera Bread Rolls Mexican Sandwich

Pastikan ragi yang digunakan masih dalam keadaan aktif. Lakukan proffing pertama (adonan di dalam mangkuk) selama beberapa jam agar mengembang maksimal.

Dinginkan roti terlebih dahulu sebelum digunakan, simpan dalam plastik kedap udara agar roti bertahan selama dua hari.

Selamat Mencoba !!!