Resep Roti Wortel (Carrot Bread)

Resep Roti Wortel Sehat dan Lembut - Carrot Bread

Resep Roti Wortel Lembut dan Sehat

Carrot Bread atau roti wortel adalah salah satu jenis quickbread yang menggunakan bahan utama wortel. Roti ini biasa disajikan untuk menambah asupan sayur dalam menu makanan sehari-hari atau bagi yang menjalani diet vegan. Resep roti wortel menggunakan bahan utama wortel atau jus wortel, dengan beberapa tambahan bahan lain seperti buttermilk, telur, susu, gula, dan lain-lain.

Beberapa topping yang biasa digunakan ialah mentega, gula, cokelat atau bisa juga dimakan polos tanpa taburan. Selain bermanfaat untuk tubuh wortel juga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan daya penglihatan. Resep roti wortel layak untuk dicoba bagi anak-anak yang kurang suka makan wortel secara langsung.

Baca Juga: Resep Roti Labu yang Sehat (Pumpkin Bread)

Bahan-bahan Roti Wortel

  • Tepung terigu protein tinggi 200 gram
  • Tepung terigu protein sedang 50 gram
  • Ragi instan 1 sendok teh
  • Wortel 65 gram (kupas)
  • Gula pasir 45 gram
  • Margarin 30 gram
  • Air 120 ml
  • Susu cair UHT secukupnya

Cara Membuat Carrot Bread a.k.a Roti Wortel Sehat

  1. Potong-potong wortel kemudian kukus hingga empuk lalu blender wortel bersama air 70 ml dan susu cair secukupnya hingga lembut seperti bubur, sisihkan.
  2. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, ragi, gula, dan susu bubuk kemudian tambahkan wortel halus lalu aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan air 50 ml, uleni hingga rata dan setengah kalis, kemudian masukkan margarin dan uleni kembali hingga elastis dan licin. Bulatkan dan padatkan biarkan mengembang dengan cara, tutup menggunakan kain bersih.
  4. Kempiskan adonan dengan cara menekan-nekannya, uleni sebentar saja, kemudian ratakan melebar dan gulung memanjang dengan perlahan.
  5. Siapkan loyang roti yang sudah di olesi margarin tipis-tipis, masukkan adonan ke dalam loyang, tutup dengan kain bersih dan istirahatkan hingga mengembang dua kali lipat.
  6. Panaskan oven terlebih dahulu, olesi permukaan adonan menggunakan susu cair, kemudian panggang selama 20-25 menit hingga matang.
  7. Keluarkan roti dari dalam oven, olesi permukaannya dengan margarin, dinginkan dalam suhu ruang, potong sesuai selera dan Roti Wortel a.k.a Carrot Bread yang sehat siap dinikmati.

Tips Membuat Roti Wortel

Pastikan ragi yang digunakan masih aktif dengan cara melihat tanggal kadaluarsa yang ada di kemasannya. Sesuaikan suhu oven masing-masing saat proses pemanggangan. Tambahkan topping agar tampilan lebih menarik dan di sukai anak-anak seperti pasta cokelat atau gula halus.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *