Resep Shokupan

Resep Shokupan - Roti Tawar Lembut Ala Jepang
Resep Shokupan - Roti Tawar Lembut Ala Jepang

Resep Roti Tawar Lembut ala Jepang

Shokupan adalah roti tawar khas Jepang yang mempunyai tekstur fluffy dan lembut, hal ini karena roti ini menggunakan teknik yudane atau water roux yaitu teknik adonan air panas. Roti shokupan saat ini mulai banyak di perbincangkan di Indonesia karena sandoitchi atau sandwich khas Jepang yang sedang populer. Di negara asalnya, resep shokupan dibuat dengan bahan kualitas terbaik.

Bahan dasar untuk membuat shokupan sama dengan bahan dasar resep roti tawar pada umumnya, yaitu tepung terigu, susu dan mentega. Namun yang membedakan adalah teknik pembuatan dan kualitas bahan yang di gunakan untuk membuat shokupan original. Proses memasak roti ini cukup mudah, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah, simak resep roti shokupan berikut ini.

Bacaan Lainnya

Bahan Roti Shokupan

  • Tepung terigu protein tinggi 240 gram
  • Mentega 15 gram
  • Ragi instan 5 gram
  • Garam 12 sendok teh
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Madu 1 sendok makan
  • Susu 140 ml
  • Whipping cream 30 ml

Bahan Yudane

  • Tepung terigu protein tinggi 25 gram
  • Susu hangat 40 ml

Baca Juga: Resep Dorayaki Isi Cokelat

Cara Membuat Shokupan Roti Tawar Lembut

Membuat Adonan Yudane:

  1. Campurkan tepung terigu dan susu di dalam wadah, aduk sampai rata dan menjadi adonan, sisihkan hingga dingin.
  2. Tutup adonan menggunakan plastik wrap, simpan ke dalam chiller selama 2 jam.

Membuat Adonan Roti Shokupan

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, ragi, gula dan garam, aduk rata.
  2. Ambil wadah lain, campur susu, madu, dan whipping cream, aduk hingga rata, sisihkan.
  3. Masukan adonan yudane ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit dengan cara mencuilnya kemudian masukkan bahan cair lalu aduk menggunakan spatula hingga rata.
  4. Siapkan meja datar yang sudah ditaburi tepung tipis-tipis, uleni adonan hingga kalis elastis.
  5. Tambahkan mentega lalu uleni kembali hingga adonan kalis, rata dan tidak lengket.
  6. Bulatkan adonan lalu masukkan ke dalam wadah besar, tutup menggunakan plastik wrap dan diamkan selama 45 menit hingga mengembang dua kali lipat.
  7. Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi dua bagian sama rata, uleni sebentar membentuk bulatan, tutup lagi menggunakan plastik selama 15 menit.
  8. Siapkan loyang roti tawar persegi bertutup dengan ukuran 10 centimeter atau persegi panjang ukuran 20 centimeter sesuai selera, olesi loyang menggunakan mentega, sisihkan terlebih dahulu.
  9. Ambil adonan, gilas menggunakan rolling pin hingga membentuk persegi, lalu lipat sepertiga bagian ke tengah, lipat sepertiga bagian berlawanan ke tengah. Gulung sisi pendek adonan seperti menggulung roll cake, cubit bagian ujung untuk menyatukan adonan.
  10. Masukkan adonan ke dalam loyang, tutup loyang dan diamkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang.
  11. Panggang adonan dalam oven pada suhu 190 °C selama 30-35 menit.
  12. Keluarkan roti dari oven, dinginkan dan Roti Shokupan siap disajikan.

Tips Membuat Roti Shokupan Teknik Yudane

Saat membuat adonan yudane, agar memperoleh hasil yang terbaik diamkan adonan semalaman atau 12 jam.

Sesuaikan suhu oven masing-masing, Anda juga bisa memanggangnya dengan cara menggunakan api bawah selama 20 menit, lalu turunkan suhu menjadi 160 °C menggunakan api atas bawah selama 20 menit.

Selamat Mencoba !!!

resep pandan chiffon cake,cara membuat kue muffin,dessert khas korea,komposisi roti tawar,pie apple,suhu oven listrik untuk kue bolu,menu masakan untuk arisan keluarga,fungsi cream of tartar,menu makanan untuk sehari hari,sea food,aneka kue bolu panggang,aneka resep olahan roti tawar,resep pisang keju crispy,masakan taiwan,cara membuat kwetiau,kue putu bambu,kue sisir,olahan oatmeal untuk diet,membuat bakpao,sapi lada hitam,kue jahe,cara membuat terang bulan teflon,resep potato cheese,resep makanan khas ambon,resep bread talk,kue khas manado,bahan kue sus,resep kue bika ambon medan,resep onde onde gula merah,krengsengan kambing,bakpia kacang ijo,menu makanan untuk arisan,bahan untuk mengembangkan kue,cara bikin kue dorayaki,apa itu heavy cream,mooncake,menu makanan untuk arisan keluarga,makanan cireng,resep bika ambon,resep lidah kucing renyah,menu arisan keluarga sederhana,menu arisan murah meriah,bahan kue bika ambon,cara membuat muffin,resep pastry and bakery,cara membuat kue cupcake,membuat ayam goreng,menu arisan praktis,cara menggunakan oven listrik kirin,cara bikin bolu karamel