Resep Spelt Bread

Resep Spelt Bread - Roti Sehat Mudah Dicerna

Resep Spelt Bread – Olahan Tepung Spelt

Spelt Bread adalah salah satu jenis olahan dari bahan baku tepung spelt. Spelt flour termasuk salah satu jenis tepung terigu yang sering digunakan untuk masakan yang memiliki banyak manfaat. Roti yang terbuat dari spelt flour lebih mudah dicerna oleh tubuh dan lebih sehat. Tepung jenis ini sangat direkomendasikan dalam resep spelt bread dengan rasa original atau bisa juga dengan tambahan perasa seperti mentega dan selai.

Tepung spelt sendiri adalah tepung gandum kuno yang memiliki banyak kandungan protein, cepat larut dalam air sehingga sangat cepat di serap oleh tubuh. Spelt flour yang memiliki kandungan lemak yang rendah dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kolesterol dan beberapa jenis kanker.

Hanya saja, tepung ini terbilang agak sulit di temukan dan jarang sekali baker lokal menggunakannya dalam membuat makanan. Resep roti menggunakan tepung spelt berikut ini akan menjadi solusi bagi yang tidak dapat mengkonsumsi tepung terigu dari gandum biasa. Serta sangat cocok sebagai menu makanan vegan yang patut untuk Anda coba.

Baca Juga: Resep Roti Soda Khas Irlandia (Roti Tanpa Ragi Yang Sehat)

Bahan Roti Spealt Flour Bun

  • Tepung spelt 100 gram
  • Tepung terigu protein tinggi 200 gram
  • Ragi 3 gram
  • Susu full cream 160 ml
  • Butter 30 gram (suhu ruang)
  • Telur 1 butir (kocok lepas)
  • Gula 30 gram
  • Garam 3 gram
  • Telur 1 butir (untuk olesan)
  • Chocolate flakes secukupnya (untuk isian, optional)

Cara Membuat Spelt Bread Original

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, tepung spelt, gula dan ragi, aduk rata. Tambahkan telur sambil di aduk menggunakan spatula.
  2. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil terus di aduk sampai adonan tidak terlalu kering atau basah.
  3. Uleni hingga setengah kalis, masukkan butter dan garam kemudian uleni kembali sampai kalis elastis.
  4. Istirahatkan adonan dalam wadah tertutup plastik selama 15 menit sampai mengembang dua kali lipat.
  5. Siapkan loyang yang sudah di olesi minyak tipis-tipis. Kempiskan adonan dengan menepuk-nepuknya agar udara dalam adonan keluar.
  6. Bagi adonan masing-masing seberat 60 gram, lalu beri isian chocolate flakes sesuai selera, kemudian taruh adonan ke dalam loyang, lakukan hingga selesai.
  7. Diamkan kembali adonan selama satu jam. Panaskan oven terlebih dahulu. Olesi permukaan adonan dengan kocokan telur.
  8. Panggang adonan dalam oven bersuhu 180 °C menggunakan api atas bawah selama 20 menit hingga matang mengembang kecokelatan.
  9. Angkat dan sajikan Roti Spelt Bread Original untuk keluarga.

Tips Membuat Spealt Flour Bun / Roti Olahan Tepung Spelt

Saat menguleni adonan, bisa juga menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Beri isian dan topping sesuai selera jika diinginkan, atau juga buat tanpa isian (original) dengan cara menyantapnya bersama dengan sup kacang.

Gunakan rasio perbandingan 1:1 antara tepung terigu protein tinggi dan tepung spelt untuk hasil yang lebih ringan dan lembut.

Selamat Mencoba !!!