Resep Welsh Bara Birth / Roti Kismis Inggris

Resep Welsh Bara Brith - Roti Kismis Inggris

Resep Roti Bara Birth Kismis

Bara Birth atau Welsh adalah roti yang berisi buah kering yang dibumbui teh dengan campuran rempah-rempah tradisional khas negara Wales di Britania Raya. Resep roti kismis yang satu ini bisa dibuat dengan ragi atau tanpa ragi, secara tradisi roti ini akan di sajikan dengan irisan mentega dan menjadi teman saat minum teh.

Beberapa bahan dasar yang di gunakan dalam resep roti kismis ini adalah tepung terigu, ragi, mentega, raisin (kismis), dan telur. Uniknya kismis atau buah kering akan di rendam dalam teh selama semalam sebelum dipanggang. Beberapa variasi roti bara birth yang berkembang di negara Amerika Selatan yaitu dengan tambahan campuran manisan buah, selai jeruk, dan cokelat.

Baca Juga: Resep Kue Crumpet Khas Inggris Yang Lembut

Bahan Roti Kismis Welsh

  • Tepung terigu serbaguna 640 gram
  • Gula merah 250 gram
  • Mentega 250 gram (potong dadu)
  • Kismis 340 gram
  • Buttermilk 200 ml
  • Telur 2 butir
  • Baking soda 3 sendok teh
  • Manisan kulit buah 50 gram
  • Karamel 2 sendok makan
  • Jus lemon 1 sendok teh (atau cuka anggur putih)
  • Cream of tartar 2 sendok teh
  • Teh 200 ml (untuk merendam kismis)

Cara Membuat Roti Kismis Khas Inggris

  1. Rendam kismis di dalam teh selama dua jam atau semalaman.
  2. Siapkan loyang roti ukuran besar yang sudah diolesi mentega, sisihkan kemudian panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 160 °C.
  3. Siapkan wadah besar, masukkan tepung terigu sambil di ayak, mentega potong dadu, aduk menggunakan jari tangan hingga menjadi seperti remah roti.
  4. Tambahkan baking soda, cream of tartar, dan gula, aduk rata lalu tambahkan kismis (termasuk air tehnya), manisan kulit buah, aduk rata.
  5. Kocok telur dengan jus lemon atau cuka anggur putih kemudian masukkan ke dalam adonan, aduk semua bahan hingga rata.
  6. Tambahkan buttermilk dan karamel, aduk rata hingga adonan kalis.
  7. Tuangkan adonan ke dalam loyang hingga memenuhi dua per tiga bagian loyang. Aduk adonan menggunakan sendok untuk menghilangkan udara dari dalam adonan.
  8. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah panas, panggang selama 90 menit pada suhu 160 °C.
  9. Keluarkan dari dalam oven dan biarkan dingin selama 20 menit, baru keluarkan roti dari loyang, Roti Welsh Bara Birth / Roti Kismis Inggris siap disajikan.

Tips Membuat Roti Welsh Bara Birth / Roti Kismis Inggris

Jika adonan roti terlalu cepat berubah warna saat dipanggang, tutupi roti menggunakan kertas perkamen. Cek tingkat kematangan dengan menusukkan tusuk sate ke adonan, Roti akan matang jika tusuk sate bersih tidak ada adonan yang menempel (jika belum matang, panggang lagi selama 15 menit).

Roti Welsh Bara Birth / Roti Kismis Inggris bisa disajikan hangat maupun dingin, Anda bisa mengoleskan sedikit mentega, selai, dan madu di atasnya.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *