Resep Zopf Bread – Roti Kepang Swiss

Resep Zopf Bread - Roti Kepang Swiss

Resep Zopf, Roti Kepang Sandwich Khas Swiss

Zopf atau Zupfe adalah sejenis roti khas Swiss, Austria dan Jerman yang terbuat dari tepung terigu, susu, telur, mentega dan ragi. Roti ini berbentuk anyaman atau kepang, serta memiliki warna keemasan karena menggunakan kuning telur sebagai olesan. Zopf merupakan salah satu roti tradisional yang disajikan setiap akhir pekan. Konon bentuk roti Zopf terinspirasi oleh kebiasaan janda yang ada di Swiss yang memotong rambut kepangnya saat mengubur suaminya yang meninggal dunia, oleh karena itu terciptalah resep zopf.

Banyak sekali jenis roti Swiss yang biasa dimakan sebagai menu sarapan selain zopf, seperti tessin brot, ticino, nuss brot, apler brot dan masih banyak lagi. Tekstur zopf cenderung sedikit manis, lembut membuat roti ini menjadi berbeda dengan jenis roti lainnya. Cara menikmati zopf biasanya dengan sirup maple, madu, butter, dan selai. Bisa dikatakan resep zopf sangatlah mudah, meskipun untuk pemula. Langsung saja, berikut ini cara membuat zopf original.

Baca Juga: Resep Roti Manis Tradisional Jerman (Dampfnudel)

Bahan Roti Zopf

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Mentega 50 gram
  • Ragi instan 7 gram
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Susu cair 300 ml
  • Kuning telur 1 butir

Bahan Olesan: (aduk rata)

  • Kuning telur 1 butir
  • Krim kental 1 sendok makan (heavy cream)

Cara Membuat Zopf Bread Original

  1. Siapkan wadah besar, masukkan tepung terigu, mentega, gula, garam, ragi, susu cair, dan kuning telur kemudian aduk rata.
  2. Uleni adonan hingga licin menggunakan mixer atau tangan, tutup adonan dengan kain basah selama 30 menit pada ruang bersuhu hangat.
  3. Kempiskan adonan dengan cara menepuknya, uleni sekali lagi, lalu bagi adonan menjadi dua bagian dan bentuk memanjang sekitar 50 centimeter.
  4. Bentuk kepang adonan dengan cara menyilangkan dua bagian adonan, kemudian tarik satu bagian yang di atas ke bawah, dan bawah ke atas. Lalu tarik bagian kanan ke kiri, dan sebaliknya.
  5. Lekatkan kedua ujung adonan dan lipat ke bawah hingga menyatu erat. Olesi adonan menggunakan bahan olesan, dan diamkan selama 10 menit.
  6. Panaskan oven terlebih dahulu, kemudian panggang adonan dalam oven bersuhu 200 °C selama 10 menit, kemudian turunkan suhu pada 170 °C, panggang kembali selama 20 menit hingga matang kecokelatan.
  7. Angkat, dinginkan lalu potong-potong, Zopf Bread siap disajikan bersama topping atau menjadi roti sandwich.

Tips Membuat Zopf Bread

Jangan membuka tutup pintu oven saat proses pemanggangan berlangsung. Simpan zopf dalam suhu ruang agar teksturnya tetap lembut.

Selamat Mencoba !!!