Tips 10 Bahan Pengganti Baking Powder Yang Mudah Ditemukan

Tips 10 Bahan Pengganti Baking Powder
Tips 10 Bahan Pengganti Baking Powder

10 Bahan Pengganti Baking Powder

Baking powder atau bubuk pengembang adalah bahan yang dipakai untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur makanan yang dipanggang seperti muffin, bolu, scone, dan biskuit. Bubuk pengembang akan menggantikan ragi ketika kita tindak menginginkan rasa fermentasi pada makanan. Kandungan sodium bikarbonat dan asam dalam baking powder akan menghasilkan gelembung karbon dioksida yang akan membuat kue jadi mengembang. Saat ini terdapat beberapa bahan pengganti baking powder yang bisa Anda gunakan.

Bagi baker atau yang hobi membuat kue, baking powder adalah salah satu bahan yang wajib untuk di stok, namun saat stok baking powder habis maka 10 bahan pengganti baking powder berikut ini akan membantu mengembangkan kue Anda.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: 10 Bahan Pengganti Heavy Cream

1. Susu Asam

Susu asam adalah susu yang sudah berubah rasa menjadi masam, keasaman dari susu asam ini berfungsi untuk menggembangkan adonan dengan cukup baik. Penggunaan susu asam yaitu campurkan setengah gelas atau 125 ml susu asam dan seperempat sendok teh baking soda untuk menggantikan satu sendok teh baking powder.

Hal yang perlu diperhatikan adalah mengurangi cairan yang akan digunakan dalam adonan. Misalnya jika menggunakan 250 ml susu asam maka kurangi juga satu gelas air dalam resep adonan Anda.

2. Cuka

Bahan pengganti baking powder yang satu ini paling mudah di dapatkan, cuka memiliki efek pengembang saat dicampurkan dengan baking soda. Warna dan rasa dari cuka cukup netral apabila digunakan dalam jumlah sedikit.

Takarannya adalah setengah sendok teh cuka dan seperempat sendok teh baking soda, akan setara dengan satu sendok teh baking powder.

3. Putih Telur

Untuk menggantikan peran baking powder dan baking soda sekaligus adalah kocokan putih telur yang sudah mengeras (soft peak). Karena gelembung yang di hasilkan akan membantu volume adonan menjadi naik sehingga hasil akan lembut dan empuk.

Jumlah putih telur yang dibutuhkan akan berbeda dalam setiap resep, pancake biasanya menggunakan 2-3 butir, sponge cake akan membutuhkan setidaknya 5 hingga 10 butir.

4. Air Lemon

Air lemon dan baking soda akan menghasilkan efek seperti baking powder, campuran ini akan menghasilkan gelembung karbon dioksida yang baik seperti baking powder.

Takarannya adalah satu gram baking soda dan 2 12 gram air lemon akan setara dengan 5 gram baking powder. Namun perlu di ingat saat menambahkannya ke dalam adonan, karena rasa air lemon yang kuat akan sedikit mengubah rasa asli dari kue jika berlebihan.

5. Plain Yoghurt

Yoghurt tawar bisa menjadi bahan pengganti baking powder yang sempurna karena hanya memiliki rasa asam tanpa memberikan rasa lain dalam adonan.

Campuran setengah gelas atau 122 ml plain yoghurt dan seperempat sendok teh baking soda akan setara dengan satu sendok teh baking powder. Masih dengan bahan cair sebagai pengganti, maka kurangi juga takaran air pada resep adonan untuk mempertahankan tekstur makanan yang Anda buat.

6. Cream of Tartar

Campuran seperempat sendok baking soda dan setengah sendok teh cream of tartar akan menggantikan setiap satu sendok teh baking powder. Namun ada juga yang menambahkan seperempat sendok teh tepung maizena ke dalam campuran ini agar kue mengembang maksimal.

7. Baking Soda

Walaupun baking soda memiliki fungsi yang lebih untuk mengembangkan kue daripada baking powder, namun Anda bisa tetap menggunakannya dengan takaran satu sendok teh baking soda dan 2 sendok teh cuka. Campuran ini akan menggantikan satu sendok teh baking powder dalam adonan.

8. Buttermilk

Saat stok baking powder habis dan menyisakan buttermilk, Anda bisa menggunakannya dengan campuran baking soda. Takarannya adalah 122 gram buttermilk dan 14 sendok teh baking soda untuk menggantikan satu sendok teh baking powder.

Hal yang perlu di perhatikan adalah mengurangi sedikit takaran bahan cair pada resep adonan, untuk mempertahankan konsistensi dan tekstur makanan yang akan di panggang.

9. Club Soda

Club soda adalah air yang di karbonasikan dan di buat bersifat efervesen dengan penambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Soda ini sering di gunakan dalam resep kue sebagai bahan pengembang,

Penggunaan club soda pada resep seperti pancake akan sedikit menambahkan volume. Bahan ini juga dapat menggantikan bahan cair dalam resep seperti susu dan air untuk memberikan volume tambahan pada makanan.

10. Molasses

Takaran yang bisa menggantikan setiap satu sendok teh baking powder adalah 70 ml molasses dan seperempat sendok teh baking soda. Molasses atau tetes tebu memiliki elemen masam yang akan menggantikan peran dari baking powder dalam resep roti dan kue.

Semua bahan pengganti baking powder di atas memiliki fungsi dan efek yang sama baiknya, akan tetapi Anda harus menyesuaikan dengan rasa dan warna kue yang akan di buat. Misanya air lemon akan lebih cocok di gunakan saat membuat lemon cake.

Selamat Mencoba !!!

Pos terkait