Tips 10 Bahan Pengganti Heavy Cream

Tips Bahan Pengganti Heavy Cream

Bahan Pengganti Heavy Cream

Sering kita mendengar heavy cream dalam beberapa buku resep. Heavy cream atau krim kental yang terbuat dari susu segar yang dibiarkan, krim tersebut akan naik ke atas, kemudian diambil. Kandungan lemak yang dimiliki heavy cream termasuk sangat tinggi, yaitu 36-40 persen. Semakin tinggi kandungan lemak, maka semakin mudah mengembang saat di kocok. Inilah alasan heavy cream banyak di gunakan untuk produk kue dan es krim. Bagi sebagian orang, hal ini terkadang menjadi pertimbangan untuk mencari bahan pengganti heavy cream.

Kandungan lemak yang tinggi membuat krim ini lebih tahan terhadap suhu panas dan tidak mudah mengental. Sifat ini membuat heavy cream cocok untuk memasak sup kental, saus, mentega homemade, krim asam, dan lain sebagainya.

Penggunaan Heavy Cream

Heavy cream sangat kental dan mampu menahan bentuknya (kaku), krim ini sering di gunakan untuk dekorasi kue dan isian kue. Selain kandungan lemak yang tinggi, krim ini akan mengembang dua kali lipat jika dikocok dengan baik. Apabila digunakan untuk membuat es krim, krim ini akan menghasilkan tekstur es krim yang lebih padat dan aroma susu akan lebih kuat.

10 Bahan-bahan Pengganti Heavy Cream

Banyak bahan alternatif yang lebih rendah lemak untuk mengganti heavy cream. Anda bisa mencoba salah satunya.

1. Susu Kedelai dan Minyak Zaitun

Anda bisa mencoba campuran antara susu kedelai dan minyak zaitun. Hal ini akan menjadi alternatif bagi Anda yang vegetarian. Minyak zaitun akan menambahkan lemak ke susu kedelai, untuk mengganti rasa dan fungsi yang hampir sebanding dengan heavy cream. Sebagai perbandingan, 230 ml heavy cream sama dengan 160 ml susu kedelai dan 80 ml minyak zaitun.

Bahan pengganti ini tidak boleh di gunakan dalam resep untuk membuat campuran atau kocokan.

2. Krim Kelapa

Cukup dinginkan segelas santan penuh lemak dalam lemari es semalaman. Tuang cairan krim kelapa yang tersisa, setelah mengental dan mengeras dapat di gunakan sebagai pengganti heavy cream. Anda juga bisa mencampur atau mengocoknya sebagai topping untuk makanan penutup.

Gunakan krim kelapa untuk resep yang sesuai, karena krim ini dapat merubah rasa makanan.

3. Keju Cottage

Keju cottage menjadi krim yang baik untuk membantu menambah ketebalan atau kekentalan pada resep saus. Caranya, cukup buang gumpalan dengan memblendernya.

Pastikan untuk memilih resep yang sesuai dengan rasa keju cottage, misalnya sup dan saus.

4. Susu Evaporasi

Bahan pengganti ini di gunakan untuk pengganti heavy cream paling baik untuk resep yang dipanggang, karena susu ini tidak akan memberikan kekentalan yang sama.

Susu ini memiliki kadar air 60 persen lebih sedikit dari susu biasa akan lebih kental dan lembut.

5. Krim Keju

Meski sering di gunakan sebagai olesan Bagel, krim keju ini dapat menjadi pengganti yang baik. Krim keju tidak boleh digunakan dalam resep yang perlu di kocok. Pastikan menggunakan krim keju untuk pengganti dalam resep yang sesuai, seperti krim sup atau saus keju.

Baca Juga: Resep Roti Bagel Sederhana Anti Gagal

6. Tepung Jagung dan Susu

Salah satu alternatif rendah lemak dan rendah kalori cocok sebagai pengganti pada resep yang dimasak. Untuk membuatnya cukup tambahkan 20 gram tepung jagung dan 240 ml susu yang di aduk rata, kemudian biarkan mengental. Ini akan setara dengan 240 heavy cream.

Bahan pengganti ini tidak cocok jika di gunakan pada resep yang dipanggang, karena dapat mengubah tekstur dan tidak akan bercampur dengan baik.

7. Butter dan Half-and-Half Cream

Faktanya, half-and-half cream yang terbuat dari susu dan krim utuh memiliki sepertiga lemak heavy cream. Cukup dengan menambahkan mentega (butter) untuk menjadikannya alternatif pengganti hampir di semua resep.

Anda juga bisa menggunakan half-and-half cream tanpa campuran mentega pada resep tertentu, seperti sup dan saus. Untuk takaran 240 ml heavy cream, campurkan 240 ml half-and-half cream dengan 20 gram mentega cair.

8. Greek Yogurt dan Susu Murni

Bahan pengganti ini dapat menambah ketebalan pada hidangan sup dan saus, karena yogurt yunani ini lebih kental daripada heavy cream. Maka dari itu Anda bisa mencampurnya dengan susu cair.

Selain itu, yogurt yunani memiliki lemak lebih rendah dan mungkin tidak akan memberikan kelembutan yang sama seperti heavy cream. Jangan menggunakan bahan pengganti ini untuk resep yang perlu dikocok atau di campur.

9. Tahu Sutra dan Susu

Campurkan tahu sutra dan susu (susu kedelai, susu biasa, susu nabati lainnya) dengan perbandingan yang sama dengan heavy cream untuk bahan pengganti. Karena memiliki konsistensi yang lebih lembut, Anda bisa menjadikan bahan pengganti ini untuk topping kocok dengan menambahkan sedikit ekstrak vanilli.

10. Mentega dan Susu

Menggabungkan dua bahan ini adalah cara yang ideal untuk menggantikan heavy cream. Hampir semua resep cocok menggunakan bahan pengganti ini.

Untuk menggantikan 240 ml heavy cream, campurkan 60 gram mentega cair dan 180 ml susu. Bahan pengganti ini akan berkerja dengan baik untuk resep masakan biasa dan panggang.

Mengganti bahan apapun yang ada di dalam resep asli akan mengubah rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi makanan tersebut. Pastikan Anda menggunakan pengganti yang kompatibel dengan resep aslinya.

Selamat Mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *