Tips Sukses Memanggang Roti dan Kue

Tips Memanggang Roti dan Kue
Tips Memanggang Roti dan Kue

Memanggang roti dengan tingkat kematangan yang pas akan memberikan cita rasa yang sempurna. Bila anda seorang pemula, maka anda perlu membaca tips sukses memanggang roti buatan anda sendiri.

Tips Sukses Memanggang Roti

Roti kurang mengembang, matang tak merata, bagian bawah gosong, retak, bahkan sulit dikeluarkan dari loyang?

Bacaan Lainnya

Pembuat roti zaman dahulu tak dibekali oven yang dilengkapi termometer, loyang yang memadai, dan bahan pengembang secanggih masa kini. Namun mereka tetap bisa menciptakan roti yang mengembang sempurna.

Kesimpulannya, memanggang roti tidak hanya berpatokan pada alat canggih, namun juga kecermatan dan ketelitian dalam proses menguleni adonan, bahan yang berkualitas, juga ketepatan proses pemanggangan. Simak tips memanggang roti anti gagal berikut ini:

Baca Juga: Mengenal Jenis Oven dan Tips Memilih Oven Listrik

1. Memilih Loyang yang Sesuai

Setiap loyang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pahami dulu bahan yang digunakan dalam pembuatan loyang tersebut. Memilih loyang tak hanya dilihat dari bentuknya saja, perhatikan juga bahan adonan agar sesuai dengan loyangnya.

Loyang yang terlalu besar atau lebar, mengakibatkan roti akan kurang mengembang serta gosong walau tekstur dalamnya bagus. Kalau loyang terlalu kecil, adonan akan tumpah ke sisi loyang.

2. Mengolesi Loyang dengan Mentega atau Kertas Roti

Perlunya mengoles mentega (margarine) pada loyang bertujuan agar roti yang di panggang tidak menempel di loyang. Selain mengoles mentega, Anda juga bisa menambahkan kertas roti atau menaburi terigu tipis-tipis di atas loyang. Langkah ini juga menghindari roti hancur saat di keluarkan, bahkan juga akan merusak loyangnya.

Setelah itu bisa langsung menuangkan adonan dalam loyang. Perlu diperhatikan untuk menyisakan ruang sekitar 2 cm dari bagian atas loyang, untuk menghindari adonan tumpah.

3. Ketuk dan Ratakan Adonan Setelah Dituangkan

Meratakan adonan dalam loyang bisa dilakukan dengan spatula, kemudia ketuk secara perlahan supaya adonan merata. Langkah ini dapat mencegah roti kempis, bantat, dan permukaannya berpori/berlubang. Secara teknis saat mengetuk loyang, gelembung udara dalam adonan dapat keluar dan hasil pasti akan sempurna.

4. Pengaturan Suhu Oven

Salah satu kunci terpenting dari memanggang roti adalah pengaturan suhu. Jangan menganggap dengan menaikkan suhu oven, akan membuat roti/kue lebih cepat matang dan menghemat waktu. Justru suhu tinggi akan menyebabkan adonan menjadi rusak atau hanya matang di permukaannya saja, bahkan membuat retak bagian atasnya.

Sebelum memasukkan adonan ke dalam oven, panaskan terlebih dahulu beberapa saat untuk memastikan suhu panas berada di tingkat yang pas.

5. Jangan Membuka Oven Terlalu Sering

Jika ingin melihat roti atau kue yang sedang di panggang, cukup lihat bagian kaca oven saja dan tak perlu membukanya. Jika oven terlalu gelap gunakan sumber pencahayaan lain untuk membantu melihat adonan. Membuka oven terlalu sering akan mengakibatkan roti menjadi bantat karena perubahan suhu yang mendadak saat oven terbuka.

6. Durasi Pemanggangan

Kemajuan teknologi saat ini sudah semakin canggih. Fitur timer pada oven akan memudahkan proses pemanggangan. Pasang waktu yang di butuhkan dan tunggu hingga proses selesai.

Saat waktu pemanggangan sudah hampir selesai, Anda bisa membuka oven untuk memastikan kematangan roti atau kuenya. Caranya dengan menusukkan tusuk gigi atau tusuk sate ke bagian tengah. Jika adonan masih melekat di tusukan, itu artinya roti belum matang sempurna. Tambahkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit lagi untuk memastikan roti matang dengan sempurna.

7. Dinginkan Kue Sebelum Mengangkatnya dari Loyang

Roti atau kue yang masih panas akan lengkat pada loyang dan sulit untuk dikeluarkan. Oleh karena itu, dinginkan beberapa saat hingga permukaannya mengeras, lalu keluarkan dari loyang. Catatan: Jangan memasukkan roti/kue yang masih berada di loyang kedalam kulkas, karena akan membuatnya semakin lengket di loyang.

Selain bahan yang berkualitas, cara menguleni adonan hingga kalis, proses pemanggangan menjadi hal penting yang perlu di perhatikan.

Sudah siap membuat roti tanpa takut gagal, kan?

Selamat Mencoba !!!